Timnas U-16 maju ke semifinal setelah pesta gol 6-1 saat lawan Laos

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Timnas U-16 Indonesia melaju ke babak semifinal dengan kemenangan 6-1 atas Laos dalam laga yang dimainkan di Stadion Manahan, Solo, Kamis malam.

Indonesia tertinggal satu gol melalui gol Phyal Shipanom (5′), di depannya dengan 6 gol melalui Zahaby Gholy (23′), Tristan Raissa Ibrahim (29′), Josh Holong (38′, 60′), Putu Panji (45′) berikutnya dengan 6 gol. + 3′), dan Mierza Firjatullah (79′).

Di babak pertama, tim asuhan Nova Arianto tumbang akibat gol cepat Laos yang dicetak lewat tendangan penalti Phyal Shipanom pada menit ke-5.

Laos hampir menggandakan keunggulannya pada menit ke-18. Namun tendangan bebas Daophahad Kamkasomphou masih melambung di depan gawang.

Usai serangan 20 menit pertama berakhir, situasi serupa menimpa timnas U-16, penalti Zahaby Gholy pada menit ke-23 mengubah skor menjadi 1-1.

Indonesia sudah lama menunggu gol kedua karena mampu unggul enam menit berselang lewat sundulan Tristan Raissa Ibrahim yang meneruskan tendangan sudut.

Indonesia bermain aman dan memperbesar keunggulan menjadi 3-1 pada menit ke-38 melalui Josh Holong usai memanfaatkan umpan dalam.

Usai mencetak gol di menit-menit akhir babak pertama, kapten Putu Panji membuat Indonesia masuk ke ruang ganti dengan tenang dan skor menjadi 4-1.

Di babak kedua, Indonesia menunggu lama untuk mencetak gol kelima karena Holong mencetak gol keduanya lima belas menit kemudian melalui tendangan kaki kanannya.

Para pemain Nova Arianto lebih leluasa memainkan bola dari kaki ke kaki.

Di masa jayanya, kemenangan Indonesia disegel lewat gol keempat pemain pengganti Mierza Firjatullah di Piala AFF U-16 pada menit ke-79.

Tidak ada gol di sisa pertandingan dan setengah lusin pemain Indonesia mencetak satu-satunya gol di pertandingan tersebut.

Berkat kemenangan tersebut, Indonesia memuncaki grup dengan sempurna 9 poin dari tiga pertandingan dan melaju ke babak semifinal Piala AFF U-16 yang akan dimainkan pada Senin (1/7).

Urutan kedua tim adalah sebagai berikut.

Indonesia: Nur Ichsan, Dafa Zaidan El Fikri, I Putu Panji, Mathew Ryan Baker, Zahaby Gholy, Nazriel Alfaro Syahdan, Daniel Alfrido, Fabio Azkairawan, Tristan Raissa Ibrahim, Raihan Apriansyah Sudrajat, Josh Holong Junior

Guru : Nova Arianto

Laos: Thitsakhone Sumlivongvath, Phisith Orr, Bounthasak Chandala, Sikanda Xaisongkham, Daophahad Kamkasomphou, Phayak Siphanom, Binly Donsanouphit, Ki Mounkanyah, Sayyavath Vansavath,

Guru: Kanlaya Sysomvang.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours