Meta longgarkan akses Donald Trump di Facebook dan Instagram

Estimated read time 2 min read

Jakarta (Antara) – Perusahaan teknologi Meta mengumumkan tidak lagi membatasi atau melonggarkan akses politisi AS Donald Trump untuk mempublikasikan dan mengungkapkan pandangannya melalui Facebook dan Instagram.

Meta menyampaikan informasi tersebut melalui unggahan blog yang diupdate Jumat (12/07) pukul 01:00 PT atau Sabtu (13/07) pukul 03:00 WIB.

The Verge melaporkan bahwa pada Jumat (12/7), Nick Clegg, presiden Meta Global Affairs, mengatakan dalam postingan blog bahwa langkah tersebut dilakukan mengingat Donald Trump kembali mencalonkan diri sebagai presiden pada periode ini.

Untuk mendukung kebebasan berpendapat dalam kompetisi politik, Meta memutuskan untuk melonggarkan akses Donald Trump di dua platformnya, Facebook dan Instagram, yang sebelumnya telah ditangguhkan sejak lama.

Namun Meta menegaskan, seluruh tokoh politik mengikuti standar pedoman pelayanan masyarakat yang sama, termasuk mengatur ujaran kebencian.

“Semua kandidat presiden AS tunduk pada standar komunitas yang sama seperti semua pengguna Facebook dan Instagram, termasuk kebijakan terhadap ujaran kebencian dan hasutan untuk melakukan kekerasan,” kata Nick dalam postingan blognya.

Perusahaan AS tersebut menangguhkan Trump bersama dengan platform lainnya setelah 6 Januari 2021 setelah postingannya menyebabkan kekacauan di Capitol Hill.

Pada awal tahun 2023, ia diperbolehkan kembali ke Facebook dan Instagram, namun tetap dimasukkan ke dalam kotak penalti.

Meta mengatakan pada saat itu bahwa akunnya dapat ditangguhkan hingga dua tahun karena konten tambahan yang melanggar.

Sejak 30 Juni, Trump terus memposting secara rutin di Facebook, membagikan video kampanye dan serangannya terhadap Presiden Joe Biden.

Dia memiliki 34 juta pengikut di Facebook, dibandingkan dengan Biden yang memiliki 11 juta pengikut. Di Instagram, ia memiliki sekitar 25 juta, dibandingkan dengan Biden yang memiliki 17,1 juta.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours