Dikunjungi Jokowi, Petani Bone Sumringah Dapat Bantuan Pompa Irigasi

Estimated read time 2 min read

BONE – Para petani di wilayah Kabupaten Bon (Sulsal) Sulawesi Selatan mengaku senang dengan kunjungan Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo ke Desa Jeling, Kecamatan Awangpuna, Kamis (04/07/2024).

Kunjungan Presiden Jokowi meninjau langsung pelaksanaan pemberian bantuan 300 unit pompa untuk irigasi sawah dan pertanian (pompa) di Desa Jeling, Kabupaten Bon, Provinsi Sulawesi Selatan,

Presiden dan Ibu Iriana juga didampingi Menteri Pertanian Andy Imran Suleiman, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Pj Gubernur Sulsel Zodan Arif Pakrulu dan Pj Putra Mahkota Bon Andi Islamuddin.

Di sana, Presiden Jokowi juga berkesempatan berdialog langsung dengan para petani yang bekerja di sawah. Salah satu petani, Isal, mengungkapkan kebutuhan mendesak akan air hujan untuk mengairi tanaman di sawahnya di Ramat.

“Hujannya kurang, padahal di sini kita hanya menunggu air hujan. Ini sawah yang datarannya tinggi, jadi kita bisa menunggu air hujan baru bisa bertani di sawah,” kata Isal penuh harap.

Isel pun mengaku senang dengan bantuan pompa yang diberikan pemerintah karena bisa membantu penyediaan air untuk pertanian. “Sawah ini pakai air hujan. Kalau tidak hujan, tidak mungkin menggarap sawah. Dengan bantuan pompa, sawah bisa diolah dengan cukup lancar,” ujarnya.

Petani lainnya, Andy Moss Molyadi juga memaparkan manfaat pompa irigasi untuk mengatasi kelangkaan air di musim kemarau. “Kalau ada pompa, kekurangan air di musim kemarau akan cepat teratasi,” imbuhnya.

Selain itu, Moss juga menyoroti perbedaan produktivitas tanam yang signifikan dibandingkan penggunaan pompa irigasi. Bahkan, kata dia, dirinya dan petani lainnya bisa bekerja hingga tiga kali dalam setahun.

“Alhamdulillah, kami bersyukur bapak Presiden bisa mengunjungi kami. Terima kasih banyak atas bantuannya,” ujarnya.

Kunjungan Jokowi merupakan bagian dari upaya pemerintah meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan petani melalui perbaikan sistem irigasi di daerah kering seperti Provinsi Sulawesi Selatan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours