Kinerja reksa dana pasar uang BRI-MI lebih baik dari industri per Juni

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Dua reksa dana pasar uang PT BRI Manajemen Investasi (BRI-MI), yakni BRI Gamasteps Pasar Uang dan BRI Seruni Pasar Uang Syariah, mengungguli rata-rata indeks hingga Juni 2024.

“Kedua produk tersebut cocok bagi investor yang membutuhkan risiko konservatif dan likuiditas tinggi,” kata Presiden BIS-MI Tina Meilina dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan, reksa dana pasar uang merupakan alternatif pilihan investasi jangka pendek karena memberikan imbal hasil yang positif dan stabil meskipun suku bunga tinggi dan volatilitas pasar.

Menurut dia, ekspektasi dan sikap investor saat ini dalam memprediksi kejelasan arah suku bunga merupakan saat yang tepat untuk menghimpun reksa dana pasar uang.

“Hal ini dikarenakan instrumen pasar uang dapat menjadi alternatif investasi yang relatif stabil dan likuid sambil menunggu kejelasan suku bunga,” kata Tina.

Berdasarkan riset Infovesta, perusahaan teknologi informasi investasi, Pasar Uang BRI Gamasteps dan Pasar Uang BRI Seruni Sheriya mencatatkan imbal hasil year-to-date sebesar 2,98% hingga Juni 2024 masing-masing sebesar 2,98%.

Sementara itu, rata-rata imbal hasil reksa dana pasar uang hingga Juni 2024 tercatat sebesar 2,26%.

Indeks aset pasar uang mengungguli indeks reksa dana dengan return sekitar 0,85%. Sementara itu, indeks reksa dana campuran malah terkoreksi 2,84% dan indeks reksa dana saham sebesar 9,86%.

Berkat kinerja positif kedua produk reksa dana tersebut, BRI-MI berhasil meraih penghargaan International Award for Best Asset Manager kategori Reksa Dana Pasar Uang 2024 pada 15th Annual Fund Management Awards yang diselenggarakan di Singapura pada Selasa (9/7). .

Tina mengatakan penghargaan ini merupakan sebuah pencapaian positif bagi perusahaan, apalagi penghargaan ini diberikan oleh Alpha Southeast Asia, sebuah media internasional terkemuka yang fokus pada isu investasi di kawasan Asia Tenggara.

“Penghargaan ini menjadi insentif bagi BIS-MI untuk meningkatkan kepercayaan investor dan meningkatkan kualitas pengelolaan reksa dana khususnya reksa dana pasar uang, dan tentunya mengembangkan produk reksa dana yang lebih inovatif dan menguntungkan,” kata Tina.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours