OJK imbau masyarakat untuk hati-hati dalam memberikan data pribadi

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Direktur Eksekutif Pengawasan Perilaku Berusaha, Edukasi, dan Perlindungan Konsumen OJK Friederika Vidyasari Dewey mengimbau masyarakat berhati-hati dalam memberikan informasi pribadi.

Hal ini menanggapi pemberitaan yang beredar di media sosial tentang dugaan penyalahgunaan data yang dilakukan oleh salah satu HRD perusahaan.

“Kami juga menghimbau masyarakat untuk memberikan informasi pribadi khususnya NIK, KTP, foto wajah, apalagi jika diminta untuk dicatat, memberikan foto wajah dan lain-lain,” kata Friederika atau Kiki dalam konferensi pers Dewan OJK. rapat Dewan Komisaris (RDK) di Jakarta, Senin.

Diakuinya, kasus penyalahgunaan data untuk pembukaan rekening atau pinjaman online ilegal (pinjol) yang merugikan konsumen masih marak terjadi.

Banyak pengguna yang tidak menyadari bahwa informasinya digunakan oleh pihak yang tidak bermoral.

Dalam hal ini, Kiki menegaskan, OJK telah mengatur keamanan dan privasi data pengguna dalam Peraturan OJK (POJK) No. 22 Tahun 2023.

Ketentuan ini dibuat berdasarkan UU No. 27 Tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi (PDP).

POJK melarang Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) memberikan informasi pengguna kepada pihak ketiga atau menggunakan informasi pribadi pengguna yang telah berhenti menggunakan layanan PUJK.

Selain itu, kami juga melarang PUJK melalui POJK meminta pengguna untuk memberikan informasi pribadinya sebagai syarat, seperti pembukaan rekening, kata Kiki.

Menurut dia, ketentuan ini mengatur secara tegas bagaimana seharusnya PUJK bekerja beserta berbagai sanksi atas pelanggaran tersebut.

Selain itu, kata Kiki, berdasarkan penelitian lembaga perlindungan konsumen, data pengguna sering digunakan untuk berbagi data untuk tujuan pemasaran dan komersial.

Sejumlah kasus telah diselidiki JSC dan dirujuk ke polisi karena mengandung unsur kriminalitas.

“Kami mengimbau semua anggota masyarakat untuk berhati-hati saat membagikan informasi pribadi. Saya berharap semua orang dilindungi dengan pendidikan dan pemahaman yang lebih baik, katanya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours