Citi meyakini Indonesia Emas bisa dicapai lewat pendidikan berkualitas

Estimated read time 3 min read

Jakarta (ANTARA) – Citibank N.A., Indonesia (Citi Indonesia) meyakini visi Indonesia Emas 2045 dan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dapat dicapai melalui pendidikan yang berkualitas.

Bapak Batara Siantur, Chief Executive Officer Citi Indonesia mengatakan pihaknya meyakini investasi di bidang pendidikan akan membawa manfaat bagi bangsa. Oleh karena itu, untuk mendukung pendidikan dan penghidupan masyarakat Indonesia, Citi Indonesia Menggagas Citi World Community Day 2024.

“Hari Komunitas Sedunia menunjukkan komitmen kuat Citi sebagai bank global dalam mendukung pendidikan dan kesejahteraan masyarakat, yang kami yakini akan berkontribusi pada visi pencapaian ‘Indonesia Emas 2045’,” kata Batara dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Batara mengatakan Citi Indonesia telah eksis dan berkontribusi selama 56 tahun. Ia mengatakan, pada periode tersebut, Citi sebenarnya telah melihat bahwa pendidikan berperan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan berkontribusi langsung terhadap pertumbuhan ekonomi.

Citi percaya bahwa masih ada tantangan yang harus diatasi untuk mencapai tujuan pendidikan berkualitas. Rata-rata tingkat pendidikan pekerja di Indonesia masih didominasi oleh siswa sekolah dasar (SD). Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan meskipun tingkat pendidikan tinggi, angka putus sekolah semakin meningkat.

Di sisi lain, pendidikan dan pertumbuhan ekonomi juga saling berkaitan. Hal ini tergambar dari hasil studi XQ High School & The Future of Work yang menyatakan bahwa peningkatan prestasi siswa akan menambah $70 triliun PDB seiring berjalannya waktu.

Melalui Hari Komunitas Sedunia, Citi juga menyoroti pentingnya pendidikan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi. Mengusung tema ‘Celebrating a Culture of Learning and Growth’, Citi menekankan pentingnya keinginan terus menerus untuk belajar dan tumbuh sejalan dengan visi transformasional Citi.

Kegiatan Hari Komunitas Sedunia diakhiri dengan penyerahan donasi 560 tas sekolah dan bahan pembelajaran untuk dibagikan ke 8 sekolah di Rawadak Selatan, Ibu Kota Jakarta Utara.

Tas dan perlengkapan sekolah tersebut akan diberikan kepada siswa tingkat Taman Kanak-kanak (PAUD) hingga Sekolah Dasar (SD) yang sebagian besar berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. Donasinya akan melalui dana Plan International Indonesia (Plan Indonesia).

Selain Plan Indonesia, Citi Indonesia juga berkolaborasi dengan mitra lain yang bergerak di bidang pemberdayaan ekonomi dan lingkungan hidup dalam menyelenggarakan Hari Komunitas Sedunia 2024, seperti Mercy Corps Indonesia, Achievement Junior Indonesia, dan United Nations Development Organization (UNDP).

Acara World Community Day yang diselenggarakan di SCBD Park Jakarta pada Minggu (30/6) melibatkan relawan Citi bersama keluarga dan alumninya dalam berbagai kegiatan sosial seperti donasi buku, pakaian, dan mainan layak pakai. .

Selain itu, Citi Indonesia juga melakukan sejumlah kegiatan literasi keuangan serta memberikan pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan.

Penyelenggaraan Hari Komunitas Sedunia juga memperingati Hari Keluarga Nasional yang dilaksanakan setiap tanggal 29 Juni, sekaligus bertepatan dengan perayaan Hari Komunitas Sedunia ke-56.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours