Selain Bangun Pabrik Rp3,3 Triliun, VinFast Gelontorkan Rp1 Triliun untuk SPKLU di Indonesia

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – VinFast serius memasuki pasar Indonesia. Mereka baru saja membangun pabrik senilai 3,32 triliun dram. Tak hanya itu, pabrikan asal Vietnam itu juga berencana membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) senilai Rp 1 triliun.

CEO PT VinFast Automobile Indonesia Temmy Wirajaja mengatakan, pihaknya sedang mendiskusikan hal tersebut dengan pihak terkait. Sebab keberadaan SPKLU sangat penting bagi keberlangsungan kendaraan listrik di Indonesia.

“Kami sedang mempelajari sendiri dan berdiskusi dengan pihak terkait mengenai pengembangan jaringan stasiun pengisian mobil listrik,” kata Tammy kepada wartawan, Senin (15/07/2024).

“Kami sedang membuat perusahaan baru untuk mengembangkan stasiun pengisian daya. Ini akan dikembangkan tidak hanya di Vietnam, tapi juga di Indonesia,” lanjutnya.

Kepala Staf Moeldoko mengungkapkan VinFast telah mengumumkan akan berinvestasi Rp 1 triliun dalam pembangunan SPKLU. Namun, dia tidak merinci kapan hal itu akan terjadi.

“Pertumbuhan industri otomotif di Indonesia saat ini sangat pesat. Hal ini tentunya akan disusul dengan pembangunan SPKLU. “VinFast sendiri saat itu mengatakan kepada saya bahwa mereka akan berinvestasi Rp 1 triliun hanya untuk membangun SPKLU lebih lanjut,” ujarnya.

SPKLU di Indonesia masih rendah, seperti diketahui infrastruktur pengisian daya atau SPKLU di Indonesia belum bisa mengimbangi pertumbuhan mobil listrik. Oleh karena itu, diperlukan lebih banyak pihak yang ikut serta dalam pembangunan stasiun pengisian tersebut.

Putu Julie Ardika, Pj Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Angkut dan Elektronika (ILMATE), mengatakan teknologi fast charging paling dibutuhkan. Hal ini untuk mendorong mobilitas masyarakat dan menghilangkan keraguan mereka terhadap mobil listrik.

“Sedangkan bagi kami di industri, yang mendukung fast charge adalah. Jadi fast charge di halte sudah ada. Ini akan menjadi lebih cepat nantinya, itu juga akan menjadi game changer. Jadi Anda tidak perlu menunggu lama untuk mengisi daya. ” dia berkata.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours