Berapa jumlah ideal air putih yang perlu Anda minum tiap hari?

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (ANTARA) – Air minum atau air mineral yang ideal adalah sekitar 230 ml (total 2 liter) atau lebih delapan gelas per hari tergantung aktivitas Anda sehari-hari.

Meminum air dalam jumlah yang tepat sangatlah penting karena sebagian besar tubuh manusia terdiri dari sekitar 70% air, terutama darah, otak, ginjal, dan paru-paru.

Berikut jumlah air putih yang sebaiknya Anda minum dalam sehari berdasarkan kebutuhan Anda, berdasarkan rangkuman dari berbagai sumber:

1. Jumlah air yang diminum berdasarkan tingkat aktivitas

• Aktivitas ringan

Secara umum dianjurkan untuk mengonsumsi air putih sekitar 2 liter atau setara dengan 8 gelas per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh saat melakukan aktivitas ringan seperti ke kantor atau rumah tanpa banyak aktivitas fisik.

• Aktivitas sedang

Jika Anda melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau berkebun, disarankan untuk menambah asupan air putih sekitar 2,5 liter sehari atau setara dengan 10-12 gelas sehari.

• Aktivitas yang penuh semangat

Untuk aktivitas fisik yang intens seperti olahraga berat, kerja fisik yang berat atau cuaca panas yang dapat menyebabkan keringat berlebih, dianjurkan minum air putih sekitar 3 liter atau lebih per hari untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.

2. Jumlah air yang Anda minum tergantung pada kesehatan Anda

• Wanita hamil atau menyusui

Saat hamil atau menyusui, kebutuhan air meningkat. Disarankan untuk minum air lebih banyak dari biasanya, terutama saat merasa haus. Konsultasikan dengan praktisi kesehatan Anda untuk mendapatkan pedoman dan asupan air yang tepat.

• Penyakit kronis

Kondisi seperti gagal ginjal atau penyakit jantung mungkin memerlukan penyesuaian khusus dalam asupan cairan. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mendapatkan saran yang tepat.

3. Jumlah air yang diukur berdasarkan berat badan

• 45kg – 65kg => 1,9 liter – 2,7 liter

• 70kg – 85kg => 2,9 liter – 3,7 liter

• 90kg – 100kg => 3,9 liter – 4,3 liter

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours