Begini Cara Telkom Tingkatkan Kompetensi Guru di Era Digital

Estimated read time 2 min read

JAWA BARAT – Indibiz, ekosistem solusi digital PT Telkom Indonesia (Persero), menjadi salah satu cara efektif untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Yakni melalui program Digital Learning (IDL).

Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi digital agar pembelajaran modern menjadi lebih efektif, terutama untuk menghadapi dunia yang semakin digital.

Pelatihan Digital Implementasi Kurikulum Merdeka 550 orang guru se-Jawa Barat mengikuti pelatihan pengajaran digital yang diselenggarakan di Universitas Indonesia, Gedung Achmad Sanusi, Universitas Indonesia, pada tanggal 4 hingga 5 Juli 2024. Proyek “ Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Pembelajaran Berkualitas untuk Menerapkan Kurikulum Khusus”, pelatihan ini memberikan sarana bagi guru untuk memasukkan teknologi digital ke dalam kurikulum.

“Guru dan siswa di Jabar punya energi yang besar. “Kami berharap dengan adanya kursus pelatihan digital ini dapat meningkatkan kemampuan fakultas dalam menerapkan kurikulum tertentu serta meningkatkan adaptasi terhadap perkembangan teknologi dan kebutuhan industri,” ujar Saiful Hidajat, Wakil Direktur Telkom Jawa Barat.

Kompetisi Educational Computing dan Video IoT Selain pelatihan, IDL juga mengadakan IoT Type Award dan Kompetisi Video Educational Computing. Kompetisi ini diikuti oleh banyak sekolah menengah/vokasi di Jawa Barat dan bertujuan untuk mendorong kreativitas siswa dalam memanfaatkan teknologi untuk menciptakan solusi nyata bagi masyarakat.

“Karena teknologi juga bisa menjadi wadah untuk meningkatkan pendidikan saat ini. “Saat ini siswa bisa belajar dimana saja, apalagi dengan kurikulum khusus, tidak mungkin terbatas pada ruang kelas dan akan lebih luas lagi,” kata Eddy Purwanto, Plt. Sekretaris Dinas Pendidikan Jabar.

Hery Susanto, General Manager Social Affairs Telkom Indonesia, mengatakan melalui Digital Education Indonesia, Telkom akan berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan mempersiapkan guru-guru yang memiliki keterampilan digital yang mampu menghadapi tantangan era digital.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours