Jadwal pendaftaran KIP Kuliah 2024 PTN dan PTS jalur mandiri

Estimated read time 2 min read

Batavia (Antara) – Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Perguruan Tinggi 2024 merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam memperluas akses pendidikan tinggi bagi seluruh lapisan masyarakat. Dengan adanya program ini, KIP berharap semakin banyak mahasiswa yang dapat melanjutkan pendidikan tinggi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS), tanpa terkendala kesulitan keuangan. Oleh karena itu, calon mahasiswa dengan keterbatasan finansial yang berencana melanjutkan studi di PTN dan PTS dapat menempuh jalur mandiri. Calon mahasiswa baru juga dapat menggunakan fasilitas KIP Kulia 2024, sesuai ketentuan penerimaan program studi universitas. Sebab perlu anda ketahui, program KIP Kulia tidak hanya diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang memilih jalur SNBP dan SNBT saja, namun juga dapat digunakan sebagai jalur mandiri.

Tahun ini, kuota penerima KIP Kuliya bertambah menjadi 200 ribu orang dibandingkan tahun 2023 sebanyak 161 ribu orang.

Pendaftaran KIP Kulia jalur pilihan bebas bagi pelajar di PTN dan PTS akan dibuka hingga 31 Oktober 2024, namun proses pendaftaran baru akan dimulai pada 29 Juli 2024.

Hal ini berdasarkan Surat Edaran Nomor: Manual.065/A.J5/LP.01.01/2024. Program registrasi diperpanjang akibat dampak peristiwa peretasan data di Pusat Data Sementara Nasional 2 (PDNS2).

Sambil menunggu dibukanya pendaftaran, disarankan untuk mengecek syarat dan tata cara pendaftaran KIP Kulia 2024 agar tidak terjadi kesalahan pada saat pendaftaran nanti.

Jadwal Pendaftaran Kuliah KIP 2024 PTN dan PTS Jalur Mandiri

Pendaftaran Rekening Mahasiswa KIP Kuliah : 12 Februari – 31 Oktober 2024 SNBP : 13 – 27 Februari 2024 UTBK SNBT : 21 Maret – 4 April 2024 Seleksi Mandiri PTN : 7 Juni – 31 Oktober 2024 Seleksi Mandiri PTS : 11 Juni – 31 Oktober 2024 Manfaat KIP Kuliah 2024 Disetujui

Manfaat Penerima KIP Kulia 2024 mendapatkan berbagai subsidi keringanan biaya baik pelajaran reguler maupun profesi.

1. Jadwal rutin

Durasi maksimal untuk program reguler yang ditawarkan adalah sebagai berikut:

Pendidikan I-S maksimal delapan semester. Pendidikan D-IV maksimal delapan semester. Pendidikan D-II maksimal empat semester

Durasi maksimal program profesi adalah sebagai berikut;

Program profesi dokter, dokter gigi, dan dokter hewan berlangsung maksimal empat semester. Program profesi perawat, apoteker, bidan, dan guru berlangsung maksimal dua semester. Untuk biaya hidup, mahasiswa akan menerima besaran bantuan yang berbeda-beda, mulai dari Rp 800.000 hingga Rp 1.400.000 per bulan. Dukungan finansial ini diberikan setiap semester atau enam bulan sekali. Bagi calon mahasiswa yang mempunyai pertanyaan atau membutuhkan bantuan dalam proses pendaftaran, Kemendikbud mempunyai layanan komprehensif melalui website ULT Kemendikbud (https://ult.kemdikbud.go.id/) atau Unit . 177 mereka menyebutnya tengah.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours