Inilah jenis parfum lengkap dengan kandungannya

Estimated read time 4 min read

Jakarta (ANTARA) – Saat Anda membeli parfum atau parfum, Anda akan dihadapkan pada berbagai jenis parfum dan produknya. Meski berasal dari merek yang sama, namun memiliki performa dan umur wangi yang berbeda.

Perbedaan tersebut disebabkan oleh intensitas bau, cara penggunaan, dan kandungan konsentrasi atau kadar minyak atsiri dalam parfum.

Apa saja kandungan minyak esensial dalam parfum? Minyak atsiri diekstrak dari minyak wangi yang berfungsi sebagai bahan dasar parfum. Minyak alami inilah yang menentukan aroma parfum. Bahan dasar parfum bermacam-macam, bisa berupa air, alkohol, atau minyak. Tugasnya melarutkan parfum agar bisa meresap ke dalam kulit.

Jenis dan jumlah minyak atsiri yang digunakan pada setiap parfum juga menentukan tingkat keharuman parfum tersebut. Ada yang alami dari tumbuhan, ada yang sintetis atau buatan, dan ada pula yang berasal dari hewan.

Berikut beberapa jenis parfum yang umum:

1. Ekstrak parfum

Terbuat dari parfum murni. Parfum ini memiliki kandungan minyak paling tinggi yaitu sekitar 35% hingga 45%. Dengan kandungannya tersebut, parfum jenis ini cenderung bertahan sepanjang hari jika diaplikasikan pada tubuh. Bahkan bagi mereka yang sensitif atau tidak menyukai wewangian yang menyengat, seseorang mungkin akan bingung dengan aroma parfum ini.

Salah satu ciri khas dari parfum ini adalah wanginya mudah berpindah hanya dengan menyentuh atau memeluk seseorang.

2. Parfum

Kandungan minyak atsirinya paling tinggi dibandingkan parfum jenis lain, sekitar 20% hingga 30%. Ini lebih tebal dan memiliki bau yang menyengat. Parfumnya mampu bertahan hingga 24 jam di kulit.

Parfum biasanya memiliki beberapa aroma, aromanya dapat diubah dalam beberapa tahap setelah diaplikasikan pada kulit. Bahan dan campuran parfum sangat sensitif terhadap suhu dan iklim ruangan.

3.Eau de Parfum (EDP):

Ini mengandung sekitar 15% hingga 20% minyak esensial. Eau de Parfum cocok untuk acara spesial atau malam hari. Ciri khas tipe ini membuatnya lebih intens karena cepat menyerap ke kulit, namun biasanya bertahan sekitar 8 jam.

4. Eau de toilette (EDT):

Parfum jenis ini mengandung sekitar 5% hingga 15% minyak esensial. Tipe ini cocok untuk pekerjaan sehari-hari. memiliki kualitas yang lebih ringan dibandingkan parfum, biasanya jenis ini harus disemprotkan lebih dari satu kali dalam sehari, karena wanginya bertahan kurang lebih 2 hingga 4 jam.

5. Eau de Köln atau Köln

Ini merupakan wewangian tubuh yang sangat populer di kalangan pria. Kandungan minyak di dalamnya tergolong sedikit, yakni hanya 2% hingga 4%. Botol seringkali berukuran besar dan tidak bisa dibawa kemana-mana. Jenis ini bertahan 2 hingga 3 jam dan sebaiknya digunakan beberapa kali. Hanya kulitnya yang bisa digunakan untuk cologne.

6. Air tawar

Parfum jenis ini memiliki kadar yang lebih rendah yaitu sekitar 1% hingga 3%. Walaupun parfum lain biasanya dicampur dengan alkohol dalam kandungannya, namun tidak sama dengan eau fraiche yang menggunakan air untuk mencampurkan isinya.

Parfum ini digunakan untuk menyegarkan bau badan dengan cepat. Wanginya hanya bertahan 1 hingga 2 jam, sehingga perlu sering disemprotkan untuk menyegarkan tubuh.

7. Eau de Aroma

Mungkin ini merupakan jenis parfum yang langka dibandingkan jenis lainnya. Parfum ini ditujukan untuk anak dibawah 3 tahun, parfum jenis ini tidak mengandung alkohol.

Tekstur parfumnya juga sedikit lengket karena ada pelarut yang digunakan untuk mencampur tekstur parfum. Meski aman untuk anak-anak, namun perlu diingat bahwa parfum ini sebaiknya hanya digunakan pada pakaian dan bukan pada kulit anak.

8. Tembak & terapkan

Parfum jenis ini hanya mengandung sedikit minyak wangi sehingga harganya lebih murah. Parfum ini cocok untuk digunakan sehari-hari. Alkohol di dalamnya juga dipercaya dapat mengecilkan pori-pori sehingga membuat kulit tampak lebih sehat dan awet muda.

Splash dan aftershave merupakan wewangian khusus pria setelah bercukur atau mandi.

9. Deodoran semprotan tubuh

Jika Anda mempunyai masalah dengan penciuman, ada baiknya menggunakan parfum yang mengandung antiperspirant dan dapat mencegah dahi Anda terlalu basah. Anda membutuhkan deodoran body spray yang dapat membuat badan wangi serta memiliki bahan aktif yang dapat memerangkap keringat dan menghilangkan bau tak sedap.

Deodoran tubuh mengandung 1% hingga 3% minyak esensial. Kandungan minyak wanginya dapat melekat dengan baik di tubuh bahkan bisa digunakan berkali-kali.

Demikian ulasan mengenai jenis-jenis parfum dan kandungannya yang akan menunjang aktivitas Anda agar tetap harum dan segar!

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours