Wapres tekankan tiga pesan strategis untuk pelaku bisnis syariah

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menekankan tiga pesan strategis bagi pelaku usaha syariah agar industri ini terus berkembang dan berkelanjutan.

Pertama, kata Wapres, meningkatkan komitmen penerapan prinsip syariah di seluruh sektor dunia usaha dan industri.

“Selain memastikan proses bisnis sesuai prinsip syariah, kita juga harus mengedepankan etika dan tanggung jawab sosial dalam operasional perusahaan,” kata Wapres dalam keterangannya di Acara Indonesia Sharia and Halal Summit Award 2024 yang diselenggarakan oleh Warta Ekonomi Jakarta. Selasa.

Kedua, Wapres meminta peningkatan investasi pada pendidikan dan pelatihan masyarakat, khususnya tenaga ahli dan keterampilan di bidang ekonomi dan keuangan syariah.

“Terus meningkatkan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia akan mendukung kreativitas dan inovasi perusahaan serta menciptakan budaya perusahaan yang mencerminkan nilai-nilai syariah,” ujarnya.

Ketiga, Wapres mendorong kerja sama dan kolaborasi antar pemangku kepentingan dalam meningkatkan pengetahuan dan inklusi perekonomian dan keuangan syariah.

“Kembangkan ajang penghargaan ini sebagai jejaring kerja sama untuk menciptakan solusi konkrit dan inovatif serta mengikuti kelompok usaha syariah yang berkembang dan berkelanjutan,” ujar Wapres.

Selain itu, Wapres menyampaikan bahwa Indonesia sebagai negara dengan banyak umat Islam memiliki kesadaran yang tinggi dalam menjaga nilai-nilai Islam, yang tentunya berdampak positif terhadap pengembangan kehidupan halal dan mendorong peluang yang lebih besar bagi pengembangan organisasi yang inklusif. Ekonomi dan Keuangan Syariah Berkelanjutan.

Dalam sepuluh tahun terakhir, Wamenhub mengatakan, industri keuangan Halal dan Syariah di Indonesia telah menunjukkan kemajuan luar biasa dan berkontribusi terhadap kebangkitan perekonomian negara. Hal ini merupakan cerminan kerja sama semua pihak.

Untuk mengembangkan industri halal dan keuangan syariah, kata Wapres, pemerintah juga terus mengembangkan kebijakan, mulai dari penguatan badan regulasi dan peningkatan kapasitas tenaga kerja serta mendorong inovasi dan kreativitas melalui penelitian dan pengembangan.

“Pemerintah juga fokus pada peningkatan kualitas dan infrastruktur industri halal, penguatan lingkungan sertifikasi halal, perluasan akses terhadap keuangan syariah, dan penguatan penggunaan keuangan syariah.

“Tidak hanya pemerintah, dukungan terhadap industri halal juga harus datang dari pemangku kepentingan lainnya, antara lain pemerintah daerah, pelaku usaha/swasta, akademisi dan masyarakat sipil serta media seperti Warta Ekonomi,” ujar Wapres.

Oleh karena itu, Wapres juga berharap agar para pelaku dunia usaha dan industri syariah serta seluruh pihak yang terlibat dapat menciptakan kemandirian ekonomi dengan mengedepankan prinsip-prinsip syariah dan mengutamakan inovasi dan kreativitas.

Insya Allah keberadaan ekonomi dan keuangan syariah senantiasa dapat membawa kemandirian, keuntungan dan kesejahteraan bagi masyarakat, masyarakat, dan pemerintah, ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours