Kemeriahan Pawai Obor di Jalur Puncak Bogor Sambut Tahun Baru Islam

Estimated read time 2 min read

Bogor – Masyarakat di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat menggelar prosesi obor. Pertemuan ini diadakan dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam tahun 1446.

Pantauan SINDOnews, kirab obor dimulai berkeliling 19.30 WIB. Peserta pawai obor bergerak dari depan pintu masuk Simpang Gadog di sekitar Perbukitan Vimala menuju kawasan Puncak.

Perlahan-lahan, para peserta berjalan membawa obor yang dipimpin oleh sebuah mobil komando sambil merayakannya.

Menurut Habib Iye Al-Jufri, Koordinator Aksi Parade Obor, kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun di masyarakat Puncak saat Tahun Baru Islam. Masyarakat antusias mengikuti kirab obor di sepanjang Jalur Puncak.

“Target kita sebanyak-banyaknya karena hanya kita saja kalau terlihat di tempat ini. Tapi masyarakat penasaran setiap jalan yang kita lewati, mereka (masyarakat) sudah menunggu di setiap jalan. Tunggu masyarakat menyusul, “Saat obor ke Cesarua, kami tawarkan semacam kue kepada peserta,” kata Habib Iye kepada wartawan yang hadir, Sabtu (7/6).

Konon Tahun Baru Islam harusnya sama dengan Tahun Baru Masehi. Begitu banyak warga Puncak yang ikut serta dalam pawai obor ini.

“Tetapi Tahun Baru Islam diam sehingga malam-malam 1 Masehi tidak dirayakan, makanya kami masyarakat Puncak menggiring agar Tahun Baru Islam lebih banyak dirayakan dibandingkan sebelum kelahiran Kristus,” ujarnya.

Selain itu, Habib Iye menambahkan, ia berharap seluruh umat Islam, khususnya Puncak, dapat merasa lebih baik dengan bangkitnya Tahun Baru Islam ini.

“Segala sesuatu yang awalnya buruk, tahun ini akan lebih baik dari sebelumnya. Kita berharap di jalur Puncak Tahun Baru Hijriah ini dengan miras, narkoba, dongdot dan maksiat lainnya, Insya Allah semuanya hilang,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours