Konsumsi suplemen magnesium dapat redakan kecemasan 

Estimated read time 2 min read

Jakarta (Antara) – Banyak dampak positif yang didapat dari konsumsi suplemen magnesium, salah satunya mengurangi kecemasan dan memberikan efek positif pada kesehatan mental.

Diposting di Hindustan Times Senin (15/7), Dr. Sheetal Goyal, ahli saraf di Rumah Sakit Central Wockhardt di Mumbai, mengatakan magnesium mungkin memiliki efek positif pada kecemasan melalui proses biokimia.

“Magnesium dipercaya dapat membantu mengurangi kecemasan karena perannya dalam berbagai proses biokimia dan mengatur neurotransmiter di otak,” ujarnya.

Magnesium membantu mengatur neurotransmiter seperti serotonin yang mempengaruhi suasana hati. Kadar magnesium yang cukup dapat mendukung sintesis dan fungsi serotonin, sehingga mengurangi kecemasan.

Baca Juga: Haruskah Anda Mengonsumsi Suplemen Magnesium? Para ahli mengatakan: Kelima nutrisi ini tidak terpenuhi. GABA membantu mengurangi rangsangan saraf, meningkatkan relaksasi, dan mengurangi kecemasan.

Magnesium juga berperan dalam poros hipotalamus-hipofisis-adrenal (HPA), yang mengatur respons stres. Kadar magnesium yang cukup dapat mengurangi efek hormon stres seperti kortisol dan efektif meredakan gejala kecemasan.

Saat kita stres, otot kita sering kali tegang dan sakit kepala, yang pada akhirnya memengaruhi kualitas tidur kita. Mengonsumsi suplemen magnesium yang cukup dapat membantu meringankan gejala kecemasan seperti kejang otot dan sakit kepala tegang.

Ini juga meningkatkan kualitas tidur, karena magnesium mengatur melatonin, hormon yang mengontrol siklus tidur-bangun, sehingga mengurangi stres dan kecemasan.

Goyal juga mengatakan bahwa magnesium baik untuk mendukung kesehatan jantung, dan jumlah yang cukup dapat mengurangi jantung berdebar-debar dan gejala fisik lainnya yang menyerupai kecemasan dan kondisi kesehatan mental lainnya.

“Memastikan Anda mendapatkan cukup magnesium melalui makanan atau suplemen dapat meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan—ini dapat membantu mengatasi kecemasan,” katanya. Baca Juga: Fakta Mengonsumsi Biji Semangka Kaya Vitamin B dan Magnesium Baca Juga: Magnesium, Pereda Nyeri Baca Juga: Makanan dan Kebiasaan yang Mengurangi Kecemasan

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours