5 Makanan Sehat yang Bisa Merusak Ginjal, Sarden Tinggi Purin

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Banyak makanan sehat yang bisa menyebabkan kerusakan ginjal jika dimakan berlebihan atau oleh penderita penyakit ginjal. Makan sehat sendiri sering dikaitkan dengan gaya hidup yang lebih baik dan tubuh yang lebih baik.

Namun, beberapa makanan yang dianggap sehat bisa menyebabkan kerusakan ginjal. Makan sehat memang penting untuk menjaga tubuh tetap bugar, namun penting juga untuk memperhatikan konsumsi beberapa makanan yang dapat menimbulkan risiko bagi kesehatan ginjal.

Mengontrol ukuran porsi dan jenis makanan yang berbeda dapat membantu mengurangi risiko kerusakan ginjal sambil tetap menikmati manfaat nutrisi dari makanan sehat. Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau riwayat batu ginjal, konsultasikan dengan dokter atau ahli diet terdaftar untuk mendapatkan rekomendasi pola makan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

5 makanan sehat yang dapat membahayakan ginjal

Berikut daftar makanan sehat yang bisa menyebabkan kerusakan ginjal, seperti dilansir The Times of India, Kamis (13/6/2024).

1. Bayam

Bayam dikenal sebagai superfood yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Sayuran hijau ini banyak mengandung kalsium oksalat yang dapat menyebabkan batu ginjal. Konsumsi bayam secara berlebihan dapat meningkatkan risiko terjadinya batu ginjal, terutama bagi mereka yang rentan mengalami kondisi tersebut.

Bagi penderita batu ginjal, disarankan untuk membatasi asupan bayam dan menggantinya dengan sayuran rendah oksalat seperti brokoli atau kubis.

2. kacang almond

Almond adalah sumber lemak sehat, protein, dan serat yang sangat baik. Namun, seperti halnya bayam, kacang almond juga mengandung oksalat dalam jumlah yang sangat tinggi.

Kelebihan oksalat dalam tubuh dapat mengendap di ginjal dan membentuk batu ginjal. Bagi mereka yang berisiko terkena batu ginjal, batasi konsumsi kacang almond dan ganti dengan kacang rendah oksalat lainnya, seperti kacang mete.

3. Bit

Bit adalah sayuran akar yang kaya akan nutrisi seperti asam folat, mangan, dan serat. Sayangnya, buah bit juga mengandung oksalat yang tinggi. Mengonsumsi terlalu banyak buah bit dapat meningkatkan kadar oksalat dalam tubuh dan memicu pembentukan batu ginjal.

Mengonsumsi buah bit dalam jumlah sedang dan menggabungkannya dengan sayuran rendah oksalat dapat membantu mengurangi risiko ini.

4. Sarden

Ikan sarden merupakan sumber protein dan asam lemak omega-3 yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Namun ikan sarden juga kaya akan purin, yaitu senyawa yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Kadar asam urat yang tinggi dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal akibat asam urat. Bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit asam urat atau batu ginjal, sebaiknya batasi konsumsi ikan sarden dan pilih ikan dengan kadar purin rendah, seperti salmon.

5. Ubi jalar

Ubi jalar merupakan sumber karbohidrat kompleks, serat dan banyak vitamin. Namun, ubi jalar juga mengandung oksalat dalam jumlah yang sangat tinggi. Konsumsi ubi jalar secara berlebihan dapat meningkatkan risiko terjadinya batu ginjal.

Mengonsumsi ubi jalar dalam jumlah wajar dan memadukannya dengan sayuran rendah oksalat dapat menjadi salah satu cara untuk menikmati manfaatnya tanpa meningkatkan risiko terhadap kesehatan ginjal.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours