Menparekraf: PPN Pengambengan akan menjadi objek wisata bahari

Estimated read time 2 min read

Jembrana, Bali (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pengambengan, Kabupaten Jembrana, Bali, akan dijadikan objek wisata bahari.

Hal itu diungkapkan Sabtu malam saat berkunjung ke pelabuhan perikanan negara di Kabupaten Jembrana. Pelabuhan ini sedang dikembangkan menjadi pelabuhan berskala internasional.

“Di PPN Pengambengan, revitalisasi pelabuhan ini bisa mengembangkan beberapa destinasi wisata bahari dan kuliner. Seperti pemandangan matahari terbenam, waterpark juga menjadi suguhan budaya lokal,” ujarnya.

Karena kapasitas wisatawan Bali Selatan cenderung mengalami over-tourism pada periode tersebut, maka sangat penting kunjungan wisatawan dialihkan ke daerah lain seperti Bali Barat.

Menurutnya, dengan dibangunnya Tol Probowang dan Tol Mengwi-Gilimanuk, destinasi wisata di PPN Pengambengan bisa terhubung dengan Kabupaten Banyuwangi di Provinsi Jawa Timur.

Ia menyatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk membangun tempat wisata PPN Pengambengan agar pengerjaan proyek pembangunan pelabuhan bisa dipadukan dengan sektor pariwisata.

“Banyak hal di pelabuhan perikanan yang bisa menarik wisatawan. Pengalaman saya mengelola pelabuhan Sunda Kelapa dari sisi pariwisata, bongkar muat ikan bisa menarik minat fotografer untuk mengabadikannya,” ujarnya.

Di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pengambengan, Sandia dan rombongan ditemui Syahbandar Andi Mannojengi dan Bupati Jembrana I Nengah Tamba.

Andi menjelaskan, pembangunan PPN Pengambengan ini mencakup dukungan dari sektor pariwisata yang diharapkan dapat dimulai pada tahun ini.

Sementara itu, Tamba mengatakan, pihaknya berharap pembangunan pelabuhan perikanan tersebut dapat memberikan manfaat bagi Kabupaten Jembrana.

“Kami minta terlibat dalam pengelolaan parkir, logistik pelabuhan, penyediaan air, dan perekrutan tenaga kerja lokal,” ujarnya sambil berharap proyek pembangunan pelabuhan baru itu segera terwujud.

Pelabuhan Perikanan Kepulauan Pengambengan (PPN) merupakan pelabuhan perikanan terbesar di Kabupaten Jembrana.

Saat ini, pelabuhan digunakan sebagai dermaga, bongkar muat dan timbang oleh para nelayan yang melaut dengan perahu kecil.

Transaksi hasil tangkapan di pelabuhan juga menjadi sumber perekonomian yang sangat besar bagi masyarakat. Baca juga: Kemenparekraf perkuat pengembangan wisata minat khusus kapal pesiar Baca juga: Menparekraf: Festival di Klungkung tawarkan pengalaman unik kepada wisatawan Baca juga: Sandiaga: IP Branding Project Bali tingkatkan ekspor produk UMKM

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours