Zhang Zhi Jie Meninggal usai Bertanding di BAJC 2024, Ini Penjelasan PBSI

Estimated read time 2 min read

Yogyakarta – Pebulu tangkis China Zhang Zhi Jie tiba-tiba terjatuh dan mengalami cedera saat bertanding melawan Kazuma Kawano asal Jepang pada Badminton Asian Youth Championship (BAJC) 2024, Minggu (30/06/2024) di GOR Amongrogo, Yogyakarta.

Pebulutangkis muda itu kemudian meninggal dunia di rumah sakit pada pukul 23.20 WIB. Kepala Bidang Humas dan Media PBSI Broto Happy mengatakan penyebab utama meninggalnya pebulutangkis kelahiran 2007 itu adalah serangan jantung. Ia mengatakan semua pihak yang terlibat telah berusaha semaksimal mungkin terhadap Zhang. Namun nyawanya tidak bisa diselamatkan.

“Tim medis melakukan pemeriksaan awal dan pertolongan sesuai prosedur. Namun korban mengalami penurunan kesadaran dan pernafasan tidak adekuat sehingga korban dibawa ke RSPAU dr Harjolukita. Dipastikan tidak ada denyut nadi dan tidak ada pernapasan spontan, sehingga dilakukan tindakan medis darurat berupa pijat bagian luar selama 3 jam dengan ventilator, kata Brotto dalam konferensi pers virtual, Senin (1/1/2021). 7/2024).

Namun, dia mengatakan korban tidak mengalami respons peredaran darah secara spontan dan tanda-tanda kematian sekunder mulai muncul. Tim medis kemudian menyatakan almarhum meninggal dunia kepada perwakilan tim Tiongkok pada pukul 20.50.

“Petugas China meminta agar korban dibawa ke RS Dr. Sarjito untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Korban tiba di IGD RS Dr. Sarjito dalam keadaan tidak bernapas, tidak berdenyut, dengan tanda kematian derajat dua. Di IGD, korban kembali meninggal. dengan “resusitasi paru satu setengah jam.”

Namun, lanjut Broteau, masih belum ada respons peredaran darah spontan sehingga tidak diberikan pengobatan lebih lanjut.

Broteau juga mengungkapkan kematian Zhang disebabkan oleh serangan jantung mendadak. Hal ini berdasarkan temuan dua rumah sakit tempat Zhang dirawat.

Setelah diklarifikasi dengan petugas tim Tiongkok, pijat jantung bagian luar dihentikan pada pukul 23.20 WIB. Dengan demikian, hasil pemeriksaan dan perawatan korban oleh dr Harjolukito dan dr Sarjito di RS menunjukkan hal yang sama. Dampaknya, korban mengalami serangan jantung mendadak, kata Brotto.

Broteau mengatakan PBSI siap menanggung seluruh proses pemulangan jenazah Zhang. Saat ini, jenazah pemain bulu tangkis muda Tiongkok Dr. Sarjito menunggu orang tuanya datang.

“Hari ini jenazah Zhang Zhijie masih di RSUP Dr Sarjito menunggu orang tua korban yang datang dari Tiongkok. Namun tentunya kami akan bertanggung jawab penuh atas proses pemulangan jenazah tersebut,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours