Perputaran uang pada WIES 2025 ditargetkan capai Rp500 miliar

Estimated read time 2 min read

Padang (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengarahkan perputaran uang pada World Islamic Entrepreneurs Summit (WIES) 2025 mencapai Rp 500 miliar.

“Dengan persiapan yang lebih matang dan peserta yang lebih banyak, kami menargetkan WIES 2025 diselenggarakan di Sumbar pada tahun 2025 mencapai Rp 500 miliar,” ujarnya di Padang, Minggu.

Hal itu disampaikannya usai membuka agenda Road to WIES 2025 sebagai langkah promosi kegiatan yang akan berlangsung pada September 2025.

Sandi menilai persiapan WIES 2025 harus lebih matang karena merupakan agenda kedua setelah sukses dilaksanakan pada tahun 2023 di Kota Padang.

Menurutnya, dengan pengalaman dan evaluasi pelaksanaan pertama, ditambah dengan sosialisasi dan pemaparan yang cukup panjang, WIES 2025 bisa lebih besar.

“Kalau di WIES 2023 pesertanya berasal dari 20 negara, maka agenda berikutnya harus lebih banyak lagi. Demikian pula jumlah kunjungannya harus jauh lebih tinggi dibandingkan 10 ribu orang yang dicapai pada tahun 2023,” ujarnya.

Lanjutnya, pada tahun 2023 tercatat omzetnya bisa mencapai Rp 146,8 miliar. Oleh karena itu, target WIES 2025 harus lebih tinggi, kalau bisa mencapai Rp 500 miliar.

Ia yakin semakin besar acara WIES yang bisa diselenggarakan maka dampaknya akan semakin besar dan posisi Sumbar sebagai pusat industri dan pariwisata halal global akan semakin diakui.

Di bidang wisata halal, ia optimistis Sumbar juga bisa menjadi yang terdepan, karena memiliki dana yang besar yakni telah mendapat penghargaan World Best Halal Culinary Award.

“Wisata halal sangat bergantung pada kuliner. Jadi Sumbar sudah punya modal untuk itu,” ujarnya.

Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan, pihaknya mendukung penuh pelaksanaan WIES 2025 karena akan membuka banyak peluang bagi industri dan pariwisata halal untuk semakin dikenal dunia.

“Kita punya target 8,2 juta perjalanan wisata di tahun 2023, WIES membantu mewujudkan target tersebut, sehingga kita optimis kedepannya dengan WIES jumlah perjalanan wisata juga bisa semakin meningkat,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours