Penyakit Apa Saja yang Tidak Boleh Makan Daging Kambing?

Estimated read time 2 min read

Jakarta – Untuk menghindari gangguan kesehatan yang serius, banyak penyakit yang tidak boleh dimakan daging kambing. Daging kambing sangat digemari terutama saat Idul Adha.

Daging kambing mengandung protein, zat besi dan vitamin B12 yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun bagi penderita penyakit tertentu perlu mempertimbangkan konsumsi daging kambing.

Bagi masyarakat dengan kondisi kesehatan tertentu, daging kambing sebaiknya dikonsumsi dengan hati-hati dan dalam jumlah terbatas. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat.

Seperti dilansir Health Line, Kamis (20/6/2024), berikut beberapa penyakit yang harus diwaspadai saat mengonsumsi daging kambing.

Daging kambing tidak boleh dimakan pada penyakit apa?

1. Tekanan darah tinggi

Daging kambing mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang dapat meningkatkan kadar kolesterol darah. Hal ini berpotensi meningkatkan tekanan darah tinggi pada penderita darah tinggi.

2. Penyakit ginjal

Daging kambing mengandung purin yang dapat diubah menjadi asam urat di dalam tubuh. Asam urat berlebih dapat memicu serangan asam urat pada penderita penyakit ginjal.

3. Kolesterol tinggi

Daging kambing mengandung kolesterol yang dapat meningkatkan jumlah kolesterol dalam darah. Bagi penderita kolesterol tinggi, terlalu banyak mengonsumsi daging kambing dapat memperburuk kondisi dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

4. Radang Sendi

Daging kambing mengandung purin yang dapat diubah menjadi asam urat di dalam tubuh. Asam urat yang berlebih dapat memicu serangan asam urat pada penderita asam urat.

5. Gangguan pencernaan

Daging kambing mengandung lemak yang sulit dicerna oleh penderita gangguan pencernaan seperti sakit maag, GERD atau IBS. Makan daging kambing dapat meningkatkan gejala seperti mual, perut kembung dan diare.

6. Alergi terhadap daging kambing

Beberapa orang alergi terhadap daging kambing. Gejala alergi daging kambing bisa berupa gatal, ruam, bengkak, dan kesulitan bernapas.

Tips makan daging kambing dengan aman

1. Pilih potongan daging kambing tanpa lemak.

2. Batasi konsumsi daging kambing.

3. Mengolah daging kambing dengan cara yang sehat.

4. Perhatikan bumbu dan penyajiannya.

5. Jaga kesehatan setelah makan daging kambing.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours