Kolaborasi Shopee & Pos Indonesia tingkatkan daya saing UMKM Surabaya

Estimated read time 3 min read

JAKARTA (ANTARA) – PT Pos Indonesia, perusahaan logistik milik negara yang telah beroperasi selama 277 tahun, meluncurkan pusat pendidikan dan literasi digital bernama PosAja! UMKM & UMKM Center pada acara “PosAja! UMKM Fest 2024” di Pos Bloc Surabaya, Rabu (17/7) dan mengundang Shopee E-commerce sebagai salah satu pemateri dalam acara tersebut. PT Pos Indonesia (Persero) memperkenalkan usulan Pusat Edukasi dan Literasi Digital untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mendorong lebih banyak UKM di Indonesia untuk bergabung dalam ekosistem digital dan naik kelas. Platform seperti SME Center diharapkan dapat mencapai tujuan UKM yang dapat bertransformasi secara digital dan mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia, kata Manajer Bisnis Logistik dan Logistik PT Pos Indonesia, Tungu Marbon, saat dihubungi Antara, Kamis.

“UKM mempunyai peranan yang besar dalam penyerapan tenaga kerja, karena 99 persen kegiatan usaha di Indonesia adalah UKM, dan ini mempunyai potensi yang besar bagi perkembangan UKM khususnya secara digital,” lanjutnya.

Lebih lanjut Tungu menjelaskan, acara yang dihadiri sekitar 300 pelaku UKM dari seluruh Provinsi Jawa Timur ini bertujuan untuk mempromosikan produk UKM yang ada di Jatim. Selain itu, acara ini juga diharapkan dapat memberikan lebih banyak informasi mengenai pentingnya adaptasi digital bagi UKM. “Tidak hanya pasar UKM di Jawa Timur, kami juga menghadirkan workshop untuk UKM yang menghadirkan beberapa pemateri yang ahli di bidangnya, salah satunya dari e-commerce Shopee,” kata Tungu.

Ia menambahkan, UKM yang hadir dalam konferensi tersebut berkesempatan mempelajari strategi sukses berjualan di e-commerce dan mengekspor produk lokal.

“Kami berharap para peserta UMKM dapat memahami bagaimana mencapai digitalisasi bisnis UMKM pada festival ini, sehingga para pelaku UMKM dapat bangkit di kategorinya dan mendunia,” ujarnya.

Salah satu perusahaan e-commerce yang terus membawa UKM mendunia adalah Shopee. Shopee membuka peluang bagi UKM untuk memasarkan produknya ke luar negeri melalui Program Ekspor Shopee, kata Daniel Minardi, Manajer Kemitraan Bisnis Shopee Indonesia. “Shopee berkomitmen untuk menjadi sahabat dalam setiap perjalanan UKM di Indonesia. Kami mendukung perkembangan sahabat UKM melalui berbagai program dukungan kami,” kata Daniel.

“Salah satunya adalah program ekspor Shopee yang dapat membawa penjualan produknya ke pasar internasional seperti Asia Timur, Asia Tenggara, dan Amerika Latin, dimana hingga saat ini telah diekspor 26 juta produk UKM lokal bersama Shopee.”

Menurut Daniel, kolaborasi antar organisasi seperti Shopee dan PT Pos Indonesia menjadi penting saat ini untuk mendorong percepatan pertumbuhan UMKM lokal di era digital.

“Pos Indonesia merupakan salah satu mitra kami yang membantu UKM terhubung dengan pelanggan di Indonesia,” ujarnya.

“Untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan, Shopee dan Pos Indonesia telah menandatangani perjanjian kerja sama Program Jaminan Tepat Waktu beberapa waktu lalu,” kata Daniel.

Program Jaminan Just-in-Time merupakan salah satu bentuk komitmen antara Shopee dan PT Pos Indonesia untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Terutama mengenai pengiriman barang tepat waktu dan terjamin kepada pelanggan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours