Kolombia melaju ke perempat final setelah hajar Kosta Rika 3-0

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Timnas Kolombia melaju ke babak perempat final Copa America 2024 usai mengalahkan Kosta Rika 3-0 pada laga kedua Grup D di State Farm Stadium, Arizona, Sabtu pagi WIB.

Pada laga ini, Kolombia mengalahkan Kosta Rika lewat gol Luis Diaz, Davinson Sanchez, dan Jhon Cordoba.

Berkat kemenangan ini, Kolombia tetap kukuh di puncak klasemen Grup D Copa America dengan enam poin dari dua laga, sedangkan Kosta Rika di peringkat kedua dengan satu poin.

Secara statistik, Kolombia mendominasi pertandingan dengan mencatatkan 64% penguasaan bola dan melepaskan 15 tembakan, lima di antaranya tepat sasaran.

Kolombia mengambil inisiatif menyerang di babak pertama dan mampu menciptakan peluang melalui sundulan Luis Diaz, namun bola melebar dari gawang.

Peluang kembali diciptakan tim asuhan Nestor Lorenzo, kali ini berkat tembakan Davinson Sanchez yang bisa diblok pertahanan Kosta Rika.

Kolombia terus menekan pertahanan Kosta Rika dan menciptakan peluang melalui tendangan bebas James Rodriguez yang berhasil diselamatkan kiper Kosta Rika Patrick Sequeira.

Kolombia mendapat peluang emas untuk mencuri keunggulan setelah penalti diberikan ketika Sequeira melakukan pelanggaran terhadap Jhon Cordoba di area penalti.

Luis Diaz yang bertindak sebagai algojo menjalankan tugasnya dengan baik setelah tembakan Sequeira melebar dan membuat skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Kolombia pada menit ke-31.

Usai unggul gol, Kolombia terus menggempur pertahanan Kosta Rika, namun skor tetap bertahan 1-0 hingga jeda.

Memasuki babak kedua, Kolombia terus menyerang, namun Kosta Rika memberikan ancaman pertama melalui tembakan Orlando Galo yang melenceng dari sasaran.

Kolombia menggandakan keunggulannya pada menit ke-59 setelah umpan silang Jhon Arias disambut sundulan Davinson Sanchez untuk mengubah skor menjadi 2-0.

Tiga menit berselang, Kolombia mampu memperlebar kedudukan menjadi 3-0 lewat gol kaki kanan Jhon Cordoba usai memaksimalkan umpan James Rodriguez pada menit ke-62.

Di penghujung pertandingan, Kolombia terus tampil dominan, dan Kosta Rika setidaknya beberapa kali berusaha memperkecil ketertinggalan, namun hingga peluit akhir berbunyi, skor tetap bertahan 3-0.

Brasil selanjutnya akan menghadapi Kolombia pada laga terakhir Grup D pada Rabu (3/7) pukul 08:00 WIB, sedangkan Kosta Rika akan menghadapi Paraguay di hari dan waktu yang sama.

Kolombia membutuhkan setidaknya hasil imbang melawan Brasil untuk melaju ke perempat final sebagai juara grup.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours