Putin tiba di Kazakhstan untuk berpartisipasi dalam KTT SCO

Estimated read time 2 min read

Presiden Rusia Vladimir Putin telah tiba di ibu kota Kazakhstan untuk menghadiri pertemuan puncak Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) dan mengadakan beberapa pertemuan bilateral, kata Kremlin pada hari Rabu.

“Presiden Rusia tiba di Astana, ibu kota Kazakhstan, untuk berpartisipasi dalam pertemuan para pemimpin Organisasi Kerjasama Shanghai,” kata situs Kremlin.

KTT SCO diadakan pada tanggal 3-4 Juli di Astana dengan tema “Memperkuat Dialog Multilateral – Mengejar Perdamaian dan Pembangunan Berkelanjutan”.

Para peserta pertemuan ini diharapkan menandatangani dokumen dari 24 dokumen bersama dan mengadopsi deklarasi akhir dan deklarasi yang menegaskan bahwa para peserta SCO berkomitmen untuk menghormati prinsip-prinsip lingkungan dan solidaritas.

Putin akan bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Presiden Mongolia Ukhnakin Kurelchuk, Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev, Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif dan Presiden Kazakh Kassym-Jomart Tokayev. Selasa (2/7).

Putin juga akan bertemu dengan Presiden Sementara Iran Mohammad Mogbar secara terpisah.

Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) adalah organisasi pemerintah internasional permanen yang didirikan pada tanggal 15 Juni 2001 di Shanghai, Tiongkok oleh Kazakhstan, Tiongkok, Kyrgyzstan, Rusia, Tajikistan, dan Uzbekistan.

Saat ini, SCO memiliki sembilan negara sebagai anggota penuh: India, Iran, Kazakhstan, Tiongkok, Kyrgyzstan, Rusia, Pakistan, Tajikistan, dan Uzbekistan.

Afghanistan, Belarus dan Mongolia memiliki tiga negara sebagai pengamat di SCO.

SCO juga memiliki 14 mitra perundingan: Azerbaijan, Armenia, Bahrain, Kamboja, Mesir, Kuwait, Mali, Myanmar, Nepal, Qatar, Arab Saudi, Sri Lanka, Turki, dan Uni Emirat Arab.

Sumber: Sputnik

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours