Jusuf Kalla Bertemu Bos Hamas di Doha, Ini Isi Percakapannya

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Mantan Wakil Presiden (WAPRES) Yusuf Kalla (JK) bertemu dengan Ismail Haniyeh, pemimpin politik gerakan Hamas, pada Jumat (12/7/2024) di Doha, Qatar. Dalam pertemuan tersebut, JK juga menginstruksikan Ismail untuk memperbaiki keadaan di Palestina.

Salah satu usulan JK adalah agar Hamas tetap menjaga dan menunjukkan solidaritas terhadap Al-Fatah. JK juga menyarankan agar Hamas selalu stabil. JK menilai tanpa persatuan maka penyelesaian masalah di Gaza akan semakin sulit.

“Untuk memperbaiki keadaan di Palestina. M. Youssef Kalla menyarankan agar organisasi Hamas terus bersatu dan bekerja sama dengan Al-Fatah, serta dengan hubungan internal Hamas. . tingkatkan solidaritas, kompleksitas penyelesaian masalah Gaza,” ujarnya Sabtu (13/7/2024) SINDOnews menerima keterangan tertulis dari Tim JK Media.

Tak hanya itu, JK juga menyarankan agar semua pihak bisa menyusun rencana kemanusiaan untuk Gaza. Salah satunya seperti pembuatan program bantuan berdasarkan skala prioritas, penanganan korban, penyelamatan kelompok rentan termasuk perempuan, anak, dan lansia.

“Selanjutnya, kata JK, kita semua harus menyusun rencana kemanusiaan di Gaza, seperti program berdasarkan skala prioritas, seperti pengobatan korban luka dan sakit, penyelamatan perempuan, lansia, dan anak-anak, sehingga jumlah korban perang bisa lebih besar. tidak bertambah.” , – jelas dalam pernyataan itu.

Namun JK menilai usulan tersebut bisa efektif jika kekerasan di Gaza dihentikan terlebih dahulu. Tanpa adanya kekerasan apapun, JK yakin proses pembangunan kembali dan pembangunan kembali Gaza dapat berjalan lancar.

Namun JK mengingatkan Haniya bahwa semua itu hanya bisa efektif jika kekerasan dihentikan terlebih dahulu. Jika kekerasan berhenti maka otomatis rekonstruksi dan kebangkitan Gaza akan menyusul, demikian bunyi pernyataan tersebut.

“Semua upaya kita harus dimulai dari sudut pandang kemanusiaan, bukan dari sudut pandang politik dan hidrologi,” tambahnya.

Terkait hal tersebut, JK juga menyampaikan simpatinya kepada masyarakat Palestina yang menjadi korban agresi militer Israel. JK menegaskan, Indonesia selalu teguh dan mendukung kemerdekaan Palestina.

“Dalam kesempatan tersebut, M. Yusuf Kalla menyampaikan rasa simpatinya kepada rakyat Palestina yang gugur dalam konflik tersebut, serta menekankan persatuan bangsa Indonesia dan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina,” demikian bunyi pernyataan tersebut.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours