BI sebut gaya hidup halal bisa berdampak positif bagi ekonomi

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Bank Indonesia (BI) mengatakan penerapan gaya hidup halal secara lebih besar dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian tidak hanya di Jakarta tetapi juga di Indonesia.

“Kehidupan halal berdampak ekonomi kalau bisa membuka usaha. Kemudian bisa berkembang dari usaha kecil menjadi besar. Maka kegiatan usaha Anda akan berorientasi ekspor,” kata Asisten Direktur Departemen Ekonomi dan Syariah ini. Keuangan. Bank Indonesia Yuri Fathia Zumara dalam acara bertema “Upaya Peningkatan Gaya Hidup” yang disiarkan di laman YouTube Pemprov DKI Jakarta, Rabu.

Gaya hidup halal berarti mengandalkan pilihan berdasarkan hukum Islam dalam memperoleh, memilih, mengkonsumsi dan menggunakan barang dan jasa. Penerapannya juga mencakup konsumsi makanan dan minuman halal; Kemudian tren pakaian sopan yang menutupi bagian intim dan tidak merusak lingkungan; menggunakan jasa keuangan komersial sesuai dengan prinsip syariah; menggunakan obat-obatan dan kosmetik halal.

Kini bentuk halal sudah menjadi tren dan menjadi lahan bisnis, mengingat total populasi umat Islam di dunia cukup tinggi jumlahnya. Selain itu, generasi sekarang lebih terpercaya sehingga menggunakan bentuk halal sebagai acuan.

Menurut Yuri, Kota Jakarta berpotensi menjadi kawasan pengembangan penerapan halal lifestyle karena ekosistemnya sudah terbentuk. Pemerintah, lanjutnya, tinggal memperbaiki ekosistem ini.

“Dari segi bisnis sudah dikembangkan. Misalnya hotel pakai istilah hotel syariah. Adaptasi dan penerimaan masyarakat di Jakarta cukup tinggi. (Praktik) yang sangat menyenangkan menjadi ciri adanya gaya hidup halal di Jakarta, ” dia berkata.

Yuri mengatakan BI berperan sebagai regulator, akselerator, dan inisiator dalam pengembangan ekonomi keuangan syariah di Indonesia, termasuk yang berbentuk halal yang semakin diminati.

Di sisi lain, masyarakat mempunyai peran dalam ekosistem halal mulai dari kesadaran akan gaya hidup halal hingga pemilihan produk halal.

“Pemilu ini membawa kita ke kualitas hidup yang lebih baik. Di sisi lain, pemilu ini akan menciptakan permintaan, kalau ada cadangan perekonomian kita akan bergerak. Kalau di dalam negeri kita bisa ekspor, akan ada pemasukan bagi negara kita di dalam,” dia berkata.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours