Indra Sjafri: Piala AFF U-19 2024 Ajang Pematangan Jelang Kualifikasi Piala Asia U-20

Estimated read time 2 min read

Indra Sjafri menegaskan, Piala AFF U-19 2024 akan menjadi ajang persiapan timnas U-19 Indonesia untuk menghadapi kualifikasi Piala Asia U-20 2025 pada September mendatang. Kendati demikian, pelatih Garuda Nusantara itu tetap mempersiapkan tim dan laga terbaiknya saat melakoni laga pembuka Grup A melawan Filipina di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Rabu (17/7/2024) malam WIB.

“Yang terpenting bagi kami, saya pribadi, pemain kami persiapkan, turnamen AFF ini kami lakukan sebagai ajang pendewasaan kualifikasi Piala Asia. Tentunya setiap negara akan mempersiapkan timnya dengan baik,” jelas Indra Sjafri.

“Ilmu pembinaan atlet muda tentu bukan yang utama, tapi kalau bicara antar negara saya juga paham ilmu itu, tapi situasi negara juga harus diperhatikan,” imbuhnya.

Soal laga pertama melawan Filipina, Indra Sjafri mengaku masih belum mengetahui peta kekuatan lawan. Pelatih asal Sumbar ini mengatakan, hal tersebut terjadi karena pembaharuan pemain terus dilakukan setiap tahunnya sehingga pergantian pemain di tim lawan juga terus dilakukan.

Akibatnya, tambah Indra Sjafri, peta kekuatan lawan sulit diketahui. “Saya harus jujur, saya tidak melenceng dari pembicaraan pelatih sebagai pelatih muda, saya cenderung lebih memikirkan persiapan pemain generasi Indonesia. Piala Dunia U-17 itu setiap tahun, artinya” Setiap tahunnya akan terjadi perubahan pada generasi pemain di seluruh dunia, Asia, dan Asia Tenggara,” kata Indra Sjafri.

Karena itu saya belum tahu persis seperti apa tim Filipina saat ini, apalagi timnas U-16 (Indonesia) yang dimainkan pelatih Nova (Arianto, pelatih timnas U-16) kemarin, mungkin pemainnya akan seperti itu. besok sama, tentu tidak, akan terus berubah,” imbuhnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours