Piala Eropa 2024: VAR dan Pemahaman ke Penggemar

Estimated read time 1 min read

Euro 2024 punya banyak hal baru yang bisa dipamerkan. Salah satunya soal keputusan Video Assistant Referee (VAR) yang ditayangkan di layar raksasa di seluruh stadion.

Roberto Rosetti, ketua Komite Wasit UEFA, mengatakan layar stadion di Jerman akan memberikan penjelasan teknis tentang panggilan VAR untuk meningkatkan pemahaman penggemar. Secara historis, salah satu kritik utama terhadap teknologi VAR adalah kesulitan dalam mengarahkan penggemar untuk memahami alasan di balik keputusan tertentu.

“Setelah bantuan video, penjelasan teknis atas keputusan tersebut akan ditampilkan di layar raksasa stadion,” kata Rosetti seperti dikutip Business Day.

Rosetti mengatakan wasit Piala Eropa 2024 juga bisa memberikan penjelasan kepada kapten tim. Namun, pemain lain yang menentang keputusan atau meminta informasi akan diperingatkan.

Aturan ini diterapkan di ketiga final kompetisi antarklub Eropa di mana kartu kuning berakibat pelanggaran, seperti final Liga Champions, Liga Europa, dan Liga Conference.

“Kami melakukan ini demi generasi berikutnya, demi citra sepak bola dan permainan, demi para pemain muda dan wasit muda,” kata Rosetti.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours