Sudin KPKP dampingi petani binaan panen rumput laut di Pulau Lancang

Estimated read time 2 min read

Jakarta (Antara) – Dinas Keamanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kepulauan Seribo membantu petani hasil laut panen satu ton di Pulau Lankang, Distrik Pari, Kepulauan Seribo Selatan.

Kepala Sub Bagian KPKP Kepulauan Seribo, Norliati mengatakan, “Panen rumput laut sebanyak satu ton ini merupakan hasil budidaya yang dilakukan enam petani di Pulau Lankang dan kami melakukan pendampingan dan pengecekan kualitas dari hasil yang ditanam 45 hari lalu.” Jakarta. , Kamis.

Dikatakannya, pertumbuhan rumput laut di Pulau Lankang semakin meningkat, karena enam orang yang membantu mereka berhasil mengumpulkan satu ton rumput laut.

Menurut dia, bulu babi yang dikumpulkan tersebut merupakan jenis Yokoma katoni yang ditanam dari bawah dengan bantuan tali pada kedalaman satu hingga dua meter.

Bibit rumput laut tersebut kemudian diikat dengan tali sepanjang 12-20 meter.

Pihaknya akan terus memantau dan membimbing para petani rumput laut agar terus berproduksi semaksimal mungkin.

“Kami menargetkan para petani dapat ditingkatkan kapasitas dan pendapatannya secara bertahap,” ujarnya

Sementara itu, warga Pulau Lankang yang juga petani rumput laut, Hassan Uddin mengucapkan terima kasih kepada Divisi Kriminal KPKP Kepulauan Seribo yang terus membantu perkebunan tersebut.

Menurut dia, sejak tahun 2022 atau tiga tahun ini, budidaya rumput laut terus dilakukan dan alhamdulillah membuahkan hasil yang baik.

Katanya: “Ini panen kedua, meski tidak sama dengan kali ini. Bercocok tanam tidak mudah, perlu kesabaran dan ketekunan dalam memeliharanya.”

Hassan Uddin mencatat, KPKP dan Dinas Penyuluhan Perikanan Kepulauan Seribo telah memfasilitasi akses pasar bagi para petani hasil laut. Satu ton hasil laut diharapkan bisa dijual di Jakarta.

“Kami berharap panen hasil laut kembali mencapai level tertinggi. Sehingga panen ini dapat meningkatkan pendapatan ekonomi para petani hasil laut di Pulau Lancang.”

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours