Cara merawat rambut sesuai anjuran dokter spesialis dermatologi

Estimated read time 3 min read

Jakarta (ANTARA) – Dokter spesialis kulit dr. Arlene Rainamira, SpDV menjelaskan cara merawat rambut yang benar agar terhindar dari gangguan kesehatan rambut, mulai dari keramas hingga penggunaan produk khusus rambut.

Cara keramas yang benar sebenarnya ada langkah-langkahnya. Pertama, saat keramas, batang (rambut) harus digosok, kata Arlene Kebayoran saat tampil dalam talkshow di kawasan Baru. , bertemu di selatan. Jakarta, Kamis.

Dokter lulusan Universitas Indonesia ini menambahkan, “Saat keramas, yang benar adalah memijatnya, memijatnya ke kulit kepala.” Menurut Arlene, sebaiknya pijat lembut kulit kepala saat keramas karena area kulit kepala merupakan tempat tumbuhnya rambut baru.

Jika lapisan rambut terlalu sering digosok atau keramas, dikhawatirkan rambut akan lebih mudah rontok karena area ini cenderung lebih rapuh dibandingkan area rambut kulit kepala.

“Kalau digosok terus-menerus, (bagian rambut) makin rapuh dan mudah rontok,” kata dokter praktik RSIA Kemang Medical Care ini.

Saat keramas rambut, Arlene juga menyarankan untuk menggunakan air dingin atau hangat. Penggunaan air yang terlalu panas dapat membuka kutikula rambut sehingga membuat rambut lebih mudah kusut, kering, dan rontok.

“Setelah itu harus menggunakan kondisioner (kondisioner rambut), bahkan untuk kulit kepala berminyak,” kata Arlene.

Kondisioner berguna untuk melindungi lapisan terluar rambut yaitu kutikula rambut. Dengan menggunakan kondisioner, Anda dapat menghaluskan kutikula dan menjadikan rambut lebih halus, berkilau, dan sehat.

Oleh karena itu, gunakan kondisioner hanya pada batang rambut saja agar rambut Anda lebih halus, lembut dan kuat. Jangan gunakan kondisioner pada kulit kepala untuk mencegah penumpukan sebum yang dapat menyebabkan ketombe dan rambut berminyak.

Ada juga teknik saat mengeringkan rambut, yakni tidak digosok dengan handuk dan tidak dipelintir, kata Arlene.

Dia menambahkan: “Bungkus saja dengan handuk dan keringkan selama sekitar lima menit, lalu idealnya biarkan di udara (sampai rambut mengering secara alami).”

Jika Anda ingin mengeringkan rambut, atur ke pengaturan panas paling rendah untuk meminimalkan risiko terhadap kesehatan rambut. Selain itu, bila perlu gunakan masker rambut untuk merawat rambut Anda dengan lebih baik.

“Jika rambut atau kulit kepala Anda kering, gunakan masker rambut 1-2 kali seminggu,” kata Arlene.

“Kulit berminyak dua minggu sekali, kalau rambut dicat bisa seminggu sekali,” lanjutnya.

Terakhir, sisir rambut sesuai dengan jenis rambut dan sisir yang digunakan. Untuk rambut keriting, sisir rambut dalam keadaan basah dengan sisir yang sudah dipotong agar rambut lebih mudah diatur dan disisir.

“(Untuk rambut lurus dan keriting) sisir saja pada rambut yang kering atau agak lembap, sisir pelan-pelan saja, jangan terlalu banyak ditarik,” kata Arlene.

Sebenarnya menyisir rambut saat kusut atau setelah keramas saja sudah cukup, tutupnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours