Jokowi Targetkan Ngantor di IKN Akhir Juli, Ngabalin: Kalau Allah Menghendaki dan Tidak Hujan

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Ali Mochtar Ngabalin, Kepala Staf Ahli Kantor Staf Presiden (KSP), masih meyakini akhir Juli nanti Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berkantor di ibu kota nusantara (IKN). Tujuan ini akan tercapai jika cuaca tidak turun hujan.

Pak Ngabalin mengatakan, hujan yang turun di kawasan IKN menghambat proyek pembangunan.

“Kalau Allah mau baik dan tanpa kendala tidak turun hujan, karena Senin kemarin kami datang (ke IKN) hujan turun dan dua hari kami tidak bisa bekerja,” kata Ngabalin di kantor MUI, Pusat. Jakarta, Rabu (17/7/2024).

Namun, dia yakin jika cuaca mendukung, kantor Presiden Jokowi akan berada di IKN pada akhir bulan ini. Bahkan, kata dia, banyak lembaga negara saat ini yang terlibat langsung dengan IKN untuk memantau perkembangan pembangunannya.

“Hari ini anak KSP, Mensesneg, PUPR, Setkab kembali mendarat di IKN, hari ini tanggal 17, akhir Juli sudah jelas (Presiden) sudah bisa menjabat,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi masih menunggu kesiapan infrastruktur sebelum resmi menjabat di Ibu Kota Negara (IKN) pada Juli 2024. Jika infrastruktur sudah siap, Pak Jokowi memastikan IKN akan berkantor.

“Kemarin targetnya bulan Juli, tapi lihat di IKN, setiap hari hujan terus menerus, hujan deras sekali, banyak pekerjaan yang tertunda, dan itu lumrah untuk proyek-proyek besar,” kata Jokowi kepada wartawan, Selasa (16/7/2024). . ). ).

Jokowi mengatakan IKN dibangun bukan untuk dua atau tiga tahun, melainkan untuk jangka panjang. Ini mimpi besar, proyek jangka panjang, mungkin 15-20 tahun, saya rasa upacaranya belum akan berakhir pada 17 Juli, bukan begitu, banyak hal baru dalam diri saya. pendapat,” katanya.

Mantan Gubernur Jakarta ini menegaskan, proyek IKN kini membutuhkan investor dalam dan luar negeri. “Itu kita ikuti. Tanggung jawab pemerintah itu dari gedung pemerintahan di istana presiden, wakil presiden, jadi APBN 100 persen,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours