Copa America 2024, Kanada menang tipis 1-0 lawan Peru

Estimated read time 3 min read

Jakarta (Antara) – Tim nasional sepak bola Kanada mengalahkan Peru 1-0 dalam pertandingan kedua Grup A Copa America 2024 WIB pada Rabu pagi di Children’s Mercy Park Amerika Serikat.

Timnas unggul lebih dulu pada menit ke-74 lewat gol solo Jonathan David usai menerima umpan pemain pengganti Jacob Scheffelberg.

Gol tersebut tercipta lewat skema serangan cepat menyusul sepak pojok yang dilakukan timnas Peru.

Pada pertandingan itu, pelatih Kanada JC Marsh, M Crapeau, A Johnston, Moise Bombito, Cornelius, Alphonso Davies, Richie Laria, Cone, Eustaquio, L Miller, J David dan C Larin bermain sebagai starter, dalam kemenangan 5-2.

Sedangkan Peru yang dikomandani pelatih lama Jorge Fossati diperkuat Pedro Galles, Miguel Araujo, Carlos Zambreno, A Callens, Andy Polo, Marcos Lopez, Wilder Cartagena, Sergio Pena, Piero Quispe, Gianluca Lapadula, dan Addison. Flores dan menggunakan formasi 5-3-2 di awal pertandingan.

Pertandingan berlangsung intens di 15 menit pertama babak pertama, kedua tim saling menyerang.

Eustaquio, pemain Kanada, menerobos sisi kanan pertahanan Peru dan mencoba maju, namun aliran bola dengan cepat dihentikan oleh kiper Galles.

Ketegangan pertandingan memanas pada menit ke-20 ketika Richie Laria melakukan pelanggaran terhadap pemain Peru Andy Polo sehingga menghasilkan kartu kuning pertama pada pertandingan tersebut.

Pada menit ke-25, laju permainan melambat, kedua tim tampil penuh harap dan berhati-hati dalam menyerang.

Sebelum sesi cooldown menit ke-28, Quispe melakukan tembakan namun meleset saat ditepis Crapeau. Quispe menerima umpan dari Pena yang memotong ke dalam terlebih dahulu.

Setelah sempat tenang, giliran Kanada yang kembali ditekan oleh Larin. Namun tendangannya masih melambung di atas mistar gawang.

Peru sempat bergembira berkat gol yang dicetak Gianluca Lapadula pada menit ke-33. Namun nyatanya gol tersebut dianulir wasit karena pemain bernomor punggung 14 itu sudah dalam posisi offside saat Pena mengambil tendangan bebas.

Keputusan wasit Mario Escobar diambil usai pemeriksaan Video Assistant Referee (VAR).

Usai gol yang dianulir, Peru mengambil inisiatif untuk menciptakan lebih banyak serangan.

Lapadula berkali-kali mengancam gawang Crepu, namun gagal mencetak gol.

Akhirnya di babak pertama, tendangan mendatarnya masih melenceng ke pojok kiri gawang.

Di penghujung babak pertama, statistik menunjukkan kedua tim menguasai 50 persen penguasaan bola.

Di babak kedua, pertandingan memanas ketika pemain baru Kanada Jacob Scheffelberg dijegal keras oleh Miguel Araujo pada menit ke-54.

Para pemain Kanada menyerbu Araujo, menganggap pelanggaran itu terlalu berbahaya.

Wasit kemudian melakukan pemeriksaan VAR dan akhirnya memutuskan Araujo mendapat kartu merah.

Pasca kejadian ini, Kanada lebih leluasa menyerang pertahanan Peru. Scheffelberg tampaknya beberapa kali memberikan umpan kepada Larin dan David sehingga menimbulkan masalah bagi kiper Galles.

Kedua tim mengambil lebih banyak pemain di babak kedua. Buchanan menggantikan Leria pada menit ke-66. Sementara Peru mengganti penyerangnya Lapadula dengan Paulo Guerrero.

Serangan jual beli terus terjadi. Pada akhirnya, gol tersebut tercipta berkat rencana serangan cepat Scheffelberg. Pemain bernomor punggung 14 di belakang kemudian membalas Jonathan David yang berhasil melepaskan tembakan ke sudut gawang.

Tim besutan Fossati tak tinggal diam menyikapi gol tersebut. Pada menit ke-91, ia meneruskannya dengan tendangan voli, umpan silang dari belakang kepada Cristian Cueva yang berada di kotak lawan. Namun, Crapeau menyelamatkan bola.

Upaya tersebut menjadi yang terakhir mengancam gawang Kanada. Pada akhirnya skor tak berubah dan tetap 1-0 untuk keunggulan Kanada.

Berdasarkan statistik pertandingan, total lebih dari 29 pelanggaran dilakukan oleh kedua tim nasional.

Sementara jelang pertemuan, baik Peru maupun Kanada gagal mencetak gol di laga pertamanya.

Bedanya, Peru bermain imbang 0-0 dengan Chile, sedangkan Kanada kalah 0-2 dari juara bertahan Argentina.

Gol Kanada dicetak Julian Alvarez pada menit ke-49 dan Lautaro Martinez menit ke-88.

Usai melakoni dua laga Grup A Copa America 2024, Kanada mengoleksi tiga poin sedangkan Peru hanya mengoleksi satu poin. Baca Juga: Peru Tahan Chile Imbang di Leg Pertama Copa America 2024 Baca Juga: Messi Harus Pilih Antara Olimpiade Paris atau Copa America 2024

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours