SKK Migas: Tiga proyek PHM untuk dukung target produksi migas nasional

Estimated read time 3 min read

Balikpapan, Kalimantan Timur (ANTARA) – Satuan Kerja Khusus Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) tiga proyek PT Pertamina Hulu Mahakam atau Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PHM, yakni Proyek Bekapai Artificial Lift dan Proyek Peciko 8A & 8B untuk mendukung target produksi minyak dan gas nasional.

Wakil Direktur Utama SKK Migas Shinta Damayanti mengatakan pembukaan ketiga proyek tersebut merupakan sebuah prestasi dan industri hulu migas nasional masih terus bergerak maju dan tidak akan berhenti menghadapi tantangan berat di tahun 2024. Dibukanya ketiga proyek ini merupakan bukti nyata upaya industri hulu migas mengerahkan seluruh sumber daya dan upaya menjaga produksi nasional yang dilakukan oleh SKK Migas, KKKS dan perusahaan pendukung lainnya.

“Proyek-proyek ini akan meningkatkan kapasitas produksi gas sebesar 36 MMSCFD, minyak dan kondensat sebesar 16.000 BOPD. “Ekspektasi produksi maksimum ketiga proyek tersebut sebesar 11,9 MMSCFD untuk gas dan 2025 BOPD untuk minyak dan kondensat,” kata Shinta, Senin (8/7) di Balikpapan, Kalimantan Timur.

PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM), dengan dukungan SKK Migas dan PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) sebagai lead company, meresmikan proyek Bekapai Artificial Lift (Bekapai AL) dan proyek Peciko 8A & 8B. Peresmian ketiga proyek ini dilaksanakan pada Senin (8/7) di kantor pusat PHM Balikpapan di bawah pimpinan SKK Migas Shinta Damayanti, Deputy Manager.

Bekapai Artificial Lift (Bekapai AL) merupakan proyek pemasangan kompresor gas lift pada anjungan Bekapai BA yang sudah beroperasi, dimana gas lift diinjeksikan ke dalam sumur anjungan Bekapai BG dan BL. Injeksi gas lifter ke dalam sumur di anjungan Bekapai eksisting akan menandai tahap gas atau aliran pertama pada 24 Mei 2024. Setelah dilakukan uji operasional terus menerus selama 72 jam, proyek Bekapai AL selesai dibangun dan dinyatakan siap. Akan beroperasi penuh pada 2 Juni 2024 Saat ini, hasil produksi instalasi lift gas buatan kurang lebih 2.500 BOPD.

Sedangkan Peciko 8A – SWPG Debottlenecking Project merupakan pilot project melalui pemasangan Power Compressor Package, Liquid Transfer Pump dan Diesel Engine Generator. platform SWPG saat ini. Produksi saat ini diperkirakan meningkat menjadi 6 MMSCFD dan 8 MMSCFD.

Dengan selesainya ketiga proyek tersebut, maka pada Juli 2024 akan terlaksana 8 proyek dari target 15 proyek yang akan dilaksanakan pada tahun 2024. SKK Migas menyambut baik upaya SKK Migas dalam meningkatkan keberhasilan dan efisiensi operasi pertambangan.

Keberhasilan yang dicapai dapat menjadi keberhasilan berkelanjutan untuk meningkatkan kerjasama dan sinergi yang erat antara Visi Hulu Migas dan seluruh insan Hulu Migas untuk menjamin ketersediaan pasokan energi khususnya di Kalimantan Timur. umum di Indonesia.

Sementara itu, General Manager PHM Setyo Sapto Edi mengatakan PHM berkomitmen untuk terus menyelenggarakan operasional migas yang aman, efisien, berkualitas dan ramah lingkungan sehingga WK (Wilayah Kerja) PHM Mahakam dapat memproduksi migas secara berkelanjutan. Tercapainya target cadangan dan produksi migas nasional yang telah ditetapkan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours