BPK temukan masalah cukup signifikan dalam LK BRIN tahun 2023

Estimated read time 2 min read

Jakarta (Antara) – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengidentifikasi sejumlah permasalahan signifikan dalam laporan keuangan (FC) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) tahun 2023.

“BPK masih sangat penting dan menemukan sejumlah permasalahan yang perlu diselesaikan oleh Kepala BRIN dan jajarannya. Asma Yatun, Kepala BPK, memaparkan hasil pemeriksaan: “Permasalahannya adalah efisiensi pengelolaan anggaran belanja modal di BRIN. rendah dan pengelolaan aset tetap, peralatan, dan mesin di delapan satuan kerja (satuan kerja) BRIN kurang memadai.” Laporan LK BRIN Tahun 2023 mengutip keterangan resmi di kantor BRIN di Jakarta, Kamis.

Asma berharap Kepala BRIN segera menindaklanjuti permasalahan yang ditemukan BPK. Dengan demikian, implementasi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan publik di BRIN akan semakin ditingkatkan.

Ia mengatakan, “Jika ada rekomendasi yang tidak dapat dilaksanakan karena alasan yang sah, harap teruskan proposal tersebut ke IPC untuk segera ditinjau dan direkomendasikan sebagai bagian dari tindakan selanjutnya.”

Menurut dia, Brin merupakan salah satu lembaga penting yang mengkaji laporan keuangan pemerintah pusat (LKPP). Audit LK BRIN tahun 2023 merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari laporan audit LKPP (LHP) seperti halnya LK kementerian/lembaga lainnya.

Oleh karena itu, Pimpinan dan jajaran BRIN diingatkan untuk berhati-hati dalam pengelolaan keuangan, karena jika opini LK BRIN berkurang maka opini LKPP juga bisa berkurang.

Meski teridentifikasi beberapa permasalahan, namun hasil kajian BRIN terhadap LK 2023 tidak menemukan adanya temuan yang berdampak signifikan terhadap penyampaian LK sehingga BPK mengeluarkan opini non-pengecualian (WTP).

Dalam kesempatan tersebut, Presiden BRIN Laksana Teri Handuku mengatakan seluruh jajaran BRIN akan berupaya semaksimal mungkin memperbaiki pengelolaan keuangan di BRIN dan segera menindaklanjuti temuan-temuan yang bermasalah dalam pemeriksaan.

“Kami berharap tim pemeriksa BPK dapat mendukung BRIN dalam menjaga pengelolaan keuangan dan menindaklanjuti temuan pemeriksaan yang bermasalah,” kata Terry Handoku.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours