Ada Gangguan Sistem TI, Penumpang Pesawat Diminta Datang Lebih Awal

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktur Jenderal Perhubungan Udara meminta para penumpang penerbangan mendatang untuk segera menuju bandara. Hal ini dikarenakan kegagalan sistem IT yang banyak terjadi di bandara sehingga mengharuskan banyak maskapai melakukan pemeriksaan manual.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara M Christie Endach Murni mengatakan maskapai yang banyak terkena dampak kegagalan sistem IT check-in di bandara adalah Citilink, Scoot Airlines, AirAsia, dan Indigo. Sistem check-in maskapai penerbangan ini terhubung dengan penyedia layanan di seluruh dunia.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan telah meminta maskapai penerbangan untuk membuka lebih banyak meja check-in untuk pemeriksaan penumpang dan bagasi akibat kejadian ini.

“Langkah-langkah yang dilakukan untuk mencegah kejadian tersebut antara lain dengan melakukan pemeriksaan penumpang dan bagasi, membuka lebih banyak pos pemeriksaan dan menghimbau penumpang untuk segera berangkat,” kata Christie dalam keterangan resmi di Today Tona (20/07/2024). ).

Meski demikian, Kementerian Perhubungan meyakinkan maskapai PT Angkasa Pura Indonesia dan Airnav Indonesia akan tetap mengoperasikan penerbangan seperti biasa dan tidak ada masalah. Direktorat Jenderal Perhubungan terus memantau perkembangan masalah ini dan melakukan tindakan pencegahan serta mitigasi.

Chief Communications Officer juga telah menunjuk inspektur penerbangan untuk bekerja dengan maskapai penerbangan, bandara, dan pengontrol lalu lintas udara untuk memastikan keselamatan dan keamanan transportasi.

Kementerian Perhubungan juga memberikan pelayanan penumpang dengan memberikan kompensasi keterlambatan (delay management) dan pilihan terbaik bagi penumpang.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours