6 Kampus Swasta Terbaik di Jogja, Masuk 100 Besar Universitas Nasional di Webometrics 2024

Estimated read time 3 min read

YOGYAKARTA – Ada enam kampus swasta terbaik di Jogja yang masuk dalam 100 perguruan tinggi nasional terbaik versi Webometrics 2024. Yogyakarta yang dikenal sebagai Kota Pendidikan memiliki banyak kampus.

Baca Juga: 11 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Bali, Pilihan Melanjutkan Studi di Pulau Dewata

Meski sebagian besar kampus terbaik di Jogja berasal dari perguruan tinggi negeri (PTN) seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), namun masih banyak perguruan tinggi swasta yang kurang bagus.

Baca Juga: 30 PTS di Indonesia yang Akreditasi BAN-PT A, Cek Kampus Idola Anda

Tak heran jika banyak calon mahasiswa dari seluruh Indonesia memilih Yogyakarta sebagai pelabuhan utama studinya.

Untuk menentukan kampus terbaik, lembaga pemeringkatan Webometrics dapat dijadikan tolak ukur. Sistem pemeringkatan yang memberikan gambaran seluruh perguruan tinggi di dunia melalui website ini, memeringkat hampir seluruh perguruan tinggi di Indonesia, bahkan di dunia.

Baca Juga: 15 Referensi Kampus Studi Luar Negeri Eropa Terbaik, Bukan Hanya di Inggris saja

Rekomendasi 6 Kampus Swasta Terbaik di Jogja1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Kampus swasta terbaik di Jogja saat ini ditempati oleh UMY yang berada pada peringkat 20 Tanah Air dan peringkat 1873 dunia. Posisinya berada tepat di bawah Universitas Negeri Semarang yang menempati posisi 1848 dunia.

Universitas yang berdiri pada tanggal 1 Maret 1981 ini berlokasi di Jalan Brawijaya Kasihan Bantul, UMY ini menempati posisi strategis di pusat kota Yogyakarta.

2. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Selain itu, ada Universitas Ahmad Dahlan yang menduduki posisi 37 nasional dan 3139 dunia dalam pemeringkatan Webometrics 2024.

Universitas yang telah berdiri lebih dari 60 tahun ini terafiliasi dengan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. UAD berdiri pada tanggal 18 November 1960, berlokasi di Jalan Kapas, Semaki, Yogyakarta.

3. Universitas Islam Indonesia (UII)

UII menempati peringkat 48 nasional dan 3586 dunia dalam Webometrics 2024. Posisi ini berada tepat di bawah Universitas Surabaya dan mengungguli Universitas Negeri Jakarta.

Baca Juga: Daftar PTS Terbaik di Jabodebek Jangan Menyerah Jika Gagal Jalur PTN Mandiri

Universitas yang berdiri pada tanggal 8 Juli 1945 ini berlokasi di Jalan Kaliurang Km 14,5 Depok, Sleman.4. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Lalu ada Universitas Atma Jaya yang menduduki peringkat 56 nasional dan 3836 dunia dalam Webometrics 2024. Posisi tersebut mengungguli Universitas Negeri Medan yang menduduki peringkat 3911 dunia.

Kampus yang berdiri pada tanggal 27 September 1965 ini terletak di Jalan Babarsari No. 44, Yogyakarta.

5. Universitas Sanatha Dharma (USD) Sleman

Universitas Sanata Dharma Sleman berada pada peringkat 60 nasional dan peringkat 4108 dunia. Kampus ini mengungguli Universitas Terbuka yang berada pada posisi 4165 dunia.

USD didirikan pada tanggal 5 Desember 1955 dan berlokasi di Jalan Affandi (Mrican Baru) No. 3, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta.

6. Universitas Alma Ata Bantul

Terakhir ada Universitas Alma Ata Bantul yang menduduki peringkat 71 Tanah Air dan peringkat 4692 dunia dalam Webometrics 2024. Kampus ini mengungguli Universitas Kristen Maranatha yang menduduki peringkat 4711 dunia.

Kampus yang didirikan oleh Yayasan Alma Ata pada tanggal 29 Juni 2006 ini berlokasi di Jalan Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Inilah enam kampus swasta terbaik di Jogja yang bisa dijadikan rekomendasi saat menentukan universitas tujuan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours