Semangka mengandung banyak nutrisi untuk kesehatan

Estimated read time 2 min read

Jakarta (Antara) – Semangka merupakan buah berukuran besar, bulat dan lonjong dengan kulit berwarna hijau dan daging buah berair berwarna merah atau merah muda. Buahnya memiliki rasa manis dan mungkin mengandung biji atau tidak tergantung varietasnya.

Buah yang mengandung 91% air ini mengandung serat yang baik untuk menjaga berat badan dan mencegah dehidrasi, laporverywellhealth.com dari Jakarta, Minggu.

Kandungan air pada semangka juga dapat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama, melancarkan pencernaan, dan mencegah sembelit.

Serat adalah karbohidrat yang tidak dapat dicerna yang penting untuk pencernaan teratur dan membantu menghilangkan bakteri dan penumpukan lainnya di saluran pencernaan untuk meningkatkan kesehatan usus.

Semangka juga mengandung vitamin C dan A yang baik untuk menjaga kesehatan mata, terutama dalam hal kesehatan retina, penglihatan kabur, dan penglihatan warna.

Sementara itu, laporan Journal of Preventive Medicine and Hygiene (JPMH) tahun 2022 menyebutkan bahwa semangka juga mengandung citrulline yang memiliki potensi antioksidan dan vasodilator (pelebaran pembuluh darah) dalam tubuh.

Buah bergizi ini juga mengandung likopen yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV) matahari dan berkontribusi pada fungsi sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko kanker prostat dan penyakit jantung.

Nutrisi Semangka

Berdasarkan data dari Departemen Pertanian AS, satu porsi irisan semangka memiliki profil nutrisi sebagai berikut (dalam gram/g, mg/miligram), mikrogram/mcg) atau persentase Nilai Harian (% Nilai Harian/DV) . :

• Kalori: 46

• Protein: 0,9 gram

• Lemak: 0,2 gram

• Karbohidrat : 11,5 gram

• Serat : 0,6 gram

• Gula : 9,4 gram

• Vitamin C: 12,5 mg: 14% DV

• Vitamin A: 43 mcg: 5% DV

Menurut laporan ini, efek samping dari konsumsi semangka yang berlebihan juga mungkin terjadi. Dijelaskan bahwa penderita migrain atau masalah pencernaan (sindrom iritasi usus besar) mungkin perlu berhati-hati dalam mengonsumsi semangka, karena dapat memicu gejala.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours