Di Tangan Mahasiswa Unpad, Limbah Jengkol Disulap Jadi Sabun

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Gengkul dikenal sebagai buah dengan aroma yang khas. Tidak semua orang menyukainya. Namun mahasiswa Unpad mengolah sampahnya menjadi sabun organik yang penuh manfaat.

Tim mahasiswa yang membuat sabun organik dari limbah ginkhol khususnya dari kulitnya adalah Ikhsan Muhammad Fajr dari Jurusan Ilmu Pemerintahan.

Baca Juga: Tingkat Lanjut! Mahasiswa Universitas Nusa Mandiri membuat aplikasi pengenalan wajah

Lalu ada Hozan Sidqi Rabbani (Bisnis Digital), Ayesha Nadia Savitri (Farmasi), Rayandi Arif Budiman (Teknologi Pertanian), dan Okta Alfred Syangjaran dari program studi Manajemen Unpad.

Sabun tersebut bernama ArchiCare 2in1 Face and Body Wash. Produk sabun 50g ini mengandung beeswax, ekstrak kulit pohon gingkul, minyak zaitun, minyak kelapa dan minyak sawit.

Baca juga: Rancangan Kapal Feri Mahasiswa ITS Raih Juara I Kompetisi Internasional

ArchiCare juga masuk dalam kategori sabun organik, karena menggunakan formula alami yang ramah lingkungan dan tentunya memiliki keunggulan lebih dibandingkan sabun kimia.

Sabun Arki Care memiliki keunggulan dalam melembapkan kulit dan cocok untuk kulit sensitif.

“Karena produk ArchiCare dalam pembuatannya menggunakan bahan sisa kulit jengkol, tentunya dalam kemasannya kami menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan yang dapat didaur ulang, sehingga tidak timbul limbah baru yang dapat mencemari lingkungan,” kata Hozan, seperti dikutip Unpad. Senin (15/7/2024).

Baca juga: Perusahaan Maju, Unair Ciptakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

Inovasi yang didanai Program Kreativitas Mahasiswa dan Kewirausahaan (PKM-K) berhasil mendapatkan pendanaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2024.

Ide pembuatan sabun ekstrak kulit gingkol muncul karena adanya kesadaran akan nilai ekonomis yang dapat dimanfaatkan dari limbah kulit gingkol. Sayangnya kemungkinan tersebut belum diketahui publik.

Secara ilmiah, kulit ginkgo mengandung tanin dan flavonoid yang memiliki sifat antibakteri. Berdasarkan konten tersebut, tim mengembangkan produk sabun yang memiliki dua fungsi sekaligus: sabun mandi dan pencuci muka.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours