Industri Otomotif Lesu, Isuzu Ungkap Permintaan Truk Box Pendingin Meningkat

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menyebut permintaan truk berpendingin atau lemari es semakin meningkat di tengah lesunya industri otomotif. Hal ini membuat Isuzu Indonesia optimistis segmen ini akan terus tumbuh hingga akhir tahun ini.

FYI, sejak pandemi Covid-19 pada tahun 2020, industri logistik cold chain mengalami pertumbuhan. Sebab, kebutuhan pangan segar sangat terbatas dengan aktivitas yang terbatas.

Oleh karena itu, permintaan transportasi logistik rantai dingin diperkirakan akan meningkat seiring dengan meningkatnya industri makanan dan minuman serta membaiknya perekonomian pascapandemi.

“Sebenarnya sampai bulan Juni situasi perekonomian di pasar nasional mengalami kemunduran, namun ada perusahaan yang justru sebaliknya. Terutama truk boks, terutama boks kulkas. Sejak Covid-19, kebutuhan rantai dingin semakin meningkat,” dia dikatakan. Bambang Satrio, Departemen Manajemen Bisnis Ritel wilayah utama DKI & Jawa Barat, di Arena GIIAS 2024, ICE BSD City, Tangerang, Rabu (24/7/2024).

Yohanes Wahyu, Assistant Manager Departemen Utilization & Business Solutions, mengatakan Isuzu Indonesia akan terus berupaya memenuhi kebutuhan konsumen. Termasuk mempertahankan keunggulan Isuzu Traga yakni irit bahan bakar sehingga mampu menekan biaya operasional.

“Isuzu telah menyebarkan pesan bahwa kendaraan ini siap dipercaya. Kendaraan niaga Isuzu juga terkenal dengan efisiensi bahan bakarnya yang menjadi fokus utama para pengusaha yaitu efisiensi bahan bakar untuk bisnis,” ujarnya.

Dalam hal perawatan, Yohannes mengatakan bahwa van berpendingin memerlukan perawatan yang sedikit berbeda. Terutama pada sasis yang akan lebih sering terkena air sehingga dapat menimbulkan karat.

“Untuk perawatannya, sebelum dioperasikan, dilakukan pengecekan setiap hari dan mengikuti jadwal perawatan berkala yang dilakukan di bengkel resmi Isuzu, dengan menggunakan suku cadang asli Isuzu,” ujarnya.

Sedangkan untuk spesifikasi konsumen, pihak bodi mobil menyatakan akan menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Mengingat bahan baku yang dibawa akan disesuaikan dengan spesifikasi kotak bahan.

“Pemikiran memilih cold box yang baik itu dengan sistem dua arah. Jadi kita berdiskusi dengan konsumen tentang kebutuhannya baru kita bisa memproduksi produknya. Misalnya untuk mengangkut daging, spesifikasi lapisan seratnya harus diperkuat sehingga tidak mudah pecah”, kata Ronny Chandra Marketing Manager Sentras. Kotak Indonesia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours