Kapolri Instruksikan Propam hingga Bareskrim Asistensi Penanganan Kasus Vina Cirebon

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Kapolri Jenderal Listo Sigit Prabowo memerintahkan tim untuk membantu kasus pembunuhan Wiena Waki​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​ Untuk pembunuhan Wiena Waki ​​di Sirbon di 2016. Kasusnya kini ditangani Polda Jabar.

“Saya kira rekan-rekan melihat, terkait kasus di Wina, ini menjadi perhatian publik. Kami mengirimkan pesan ke Polda Jabar dan juga mengirimkan tim pendukung dari Prophem, Mayirwasom, Bersker Puleri, dll. kejadian ini terjadi pada tahun 2016,” kata Sigit kepada wartawan di Lapangan Bhaiyangkara, Jakarta Selatan, Sabtu (22/06/2024).

Kapolri meminta jajaran turun dan melihat langsung fakta dan kebenaran kasus Sirbon Wina, meski kasus tersebut sudah berstatus pending dan mempunyai kekuatan hukum tetap dari pengadilan.

“Sampai kita minta semuanya turun dan melihat apa yang terjadi, padahal sebenarnya kasusnya sudah di pengadilan. Sudah ada keputusan akhir, banding, tapi kami minta peninjauan kembali,” ujarnya.

Di sisi lain, Listio meminta Polda Jabar mengedepankan metode Scientific Crime Investigation (SCI) dalam menangani kasus tersebut guna mendapatkan alat bukti yang kuat dan sah.

“Tentu ada proses yang dilakukan Polda Jabar. Soal perlakuan terhadap Peggy, hal ini juga menjadi perhatian publik. Saya juga minta, kalau benar-benar diproses maka bukti-buktinya cukup. Tentu akan lebih baik jika semuanya dilengkapi dengan investigasi kejahatan secara ilmiah.

“Artinya itu adalah bukti yang tidak bisa dibantah. Namun tentu ada alat bukti, alat bukti lain yang juga diatur dalam hukum pidana yang harus diisi oleh rekan-rekan,” lanjutnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours