Presiden Jokowi: Kerja sama UEA bawa RI kuasai pasar nikel dunia

Estimated read time 1 min read

Jakarta (ANTARA) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kerja sama logam nikel dengan Uni Emirat Arab (UEA/UAE) bisa membawa Indonesia menguasai sebagian besar pasar global.

“Saya kira jika ini berhasil, kita berharap bisa menguasai 80 hingga 85 pasar global. Itu yang kita harapkan,” kata Presiden di sela-sela pembukaan Piala Presiden 2024 di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, yang disiarkan melalui video dari Sekretariat Presiden, di Jakarta, Jumat.

Kepala Negara mengatakan, kerja sama tersebut tercapai sebagai hasil pertemuan dengan Perdana Menteri UEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) di Qasr Al Watan, Abu Dhabi, PEA, pada Rabu (17/7), terkait untuk penjualan nikel ke bawah.

Presiden mengatakan perdagangan nikel dimulai dari sektor pertambangan, prekursor, baterai mobil listrik hingga produksi mobil listrik.

“Dan itulah kemitraan UEA-Indonesia, dan nanti ada dua negara lain yang baru kita capai,” ujarnya.

Kerja sama penting lainnya yang diterima Jokowi dari kunjungan ini adalah pembangunan pusat keuangan di ibu kota kepulauan (ICN), Kalimantan Timur.

Menurut Jokowi, Indonesia ingin mengkaji ulang sistem dan proses pencarian yang dijalankan Otoritas Pusat Keuangan Internasional Dubai untuk mendatangkan investor ke ICN.

Artinya kita berharap pusat keuangan di IKN segera berdiri dan bisa segera beroperasi, ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours