Daftar Negara Termiskin di Eropa 2024 Pecahan Uni Soviet, Nomor 1 Ukraina

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Perekonomian kolektif Uni Eropa (UE) masuk dalam peringkat tiga besar dunia, bersama Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok. Beberapa negara Eropa termasuk negara terkaya di dunia.

Misalnya, Jerman adalah negara dengan perekonomian terbesar di dunia. Namun pemerataan ekonomi di negara-negara Eropa berbeda-beda, apalagi negara-negara Eropa Timur yang tergabung dalam Uni Soviet biasanya menjadi negara termiskin saat ini.

Produk Domestik Bruto (PDB) merupakan salah satu metrik terpenting yang digunakan untuk mengukur kemakmuran perekonomian suatu negara dan dilengkapi dengan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) atau daya beli berpasangan PDB per kapita, yang memberikan gambaran yang lebih komprehensif seberapa baik masyarakatnya suatu negara adalah. sedang mengerjakan.

Berikut peringkat teratas negara-negara termiskin di Eropa tahun 2024 yang dikutip SINDOnews dari World Population Review, Selasa (18 Juni 2024).

1. Ukraina

Ukraina adalah negara termiskin di Eropa dengan pendapatan nasional bruto per kapita sebesar USD 13.360. Ukraina pernah menjadi negara dengan perekonomian terbesar kedua di Uni Soviet.

Namun, setelah runtuhnya Uni Soviet, Ukraina kesulitan melakukan transisi ke ekonomi pasar, sehingga menyebabkan sebagian besar penduduknya jatuh miskin.

Beberapa masalah yang terus meningkatkan kemiskinan di Ukraina antara lain korupsi pemerintah, konflik dengan Rusia, dan buruknya infrastruktur.

2. Moldova

Moldova adalah negara termiskin kedua di Eropa, dengan PDB per kapita sebesar USD 15.310. Dulunya merupakan bagian dari Uni Soviet, Moldova menghadapi ketidakstabilan politik, resesi ekonomi, hambatan perdagangan dan kesulitan lainnya setelah runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kemiskinan negara adalah kurangnya industrialisasi skala besar, kurangnya ketahanan pangan, runtuhnya perekonomian selama transisi ke ekonomi pasar, dan kesalahan dalam kebijakan sosial.

Meskipun mengalami kesulitan, Moldova mengalami kemajuan antara tahun 2006 dan 2015. Jumlah penduduk yang hidup di bawah garis kemiskinan nasional turun dari 30,2 persen menjadi 9,6 persen.

3. Makedonia Utara

Makedonia Utara adalah negara termiskin ketiga di Eropa, dengan PDB per kapita sebesar USD 19.290. Setelah memperoleh kemerdekaan pada tahun 1991, Makedonia Utara mengalami perubahan ekonomi yang dramatis dan secara bertahap meningkatkan perekonomiannya. Perdagangan menyumbang sekitar 90 persen produk domestik bruto negara tersebut.

Meskipun kebijakan pemerintah berhasil, Makedonia Utara masih memiliki tingkat pengangguran yang tinggi. Tingkat pengangguran tertinggi adalah 38,7 persen. PDB per kapita Makedonia Utara adalah 5.720 USD pada tahun 2020.

4. Albania

PDB per kapita Albania adalah 6770 USD. Setelah runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1990an, Albania beralih dari ekonomi sosialis ke ekonomi pasar kapitalis.

Meskipun Albania adalah negara termiskin keempat di Eropa, perekonomiannya terus membaik. Hal ini terutama disebabkan oleh kekayaan sumber daya alam Albania seperti minyak, gas alam, dan mineral seperti besi, batu bara, dan batu kapur.

5. Belarusia

Seperti bekas republik Soviet lainnya, Belarus mengalami masalah ekonomi setelah runtuhnya Uni Soviet. Pada tahun-tahun sebelumnya, Belarus memiliki perekonomian yang kuat dan salah satu standar hidup tertinggi di republik Soviet.

Pada tahun-tahun berikutnya, Belarus mengalami kesulitan ekonomi hingga tahun 1996, ketika perekonomian mulai pulih. Antara tahun 2006 dan 2011, ketika banyak negara Eropa merasakan dampak resesi, pengeluaran 40 persen penduduk terbawah di Belarus justru meningkat. PDB per kapita di negara ini adalah 21.800 USD.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours