Bos CIA akan Bertemu Pejabat Israel, Qatar, dan Mesir di Roma Bahas Gencatan Senjata Gaza

Estimated read time 2 min read

ROMA – Direktur CIA William Burns akan bertemu dengan pejabat tinggi Israel, Qatar, dan Mesir di ibu kota Italia pada Minggu (28/7/2024).

“Pertemuan itu bertujuan untuk memajukan perundingan, menyelesaikan konflik yang tersisa, dan membuka jalan bagi perjanjian gencatan senjata akhir di Gaza,” kata situs berita Axios, mengutip pejabat AS dan Israel yang tidak disebutkan namanya.

Menurut laporan itu, Burns akan bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Qatar Mohammed Bin Abdul Rahman al-Thani, kepala Mossad David Barnea, dan kepala intelijen Mesir Abbas Kamel.

Tidak ada sumber resmi yang membenarkan atau membantah laporan tersebut hingga Jumat sore.

Saluran Al-Qahera yang dikelola pemerintah Mesir mengatakan “pertemuan itu adalah bagian dari upaya mediasi untuk mencapai kesepakatan untuk menghentikan pertempuran.”

Sumber tersebut tidak memberikan rincian, namun mengatakan bahwa pimpinan Mossad Israel, David Barnea, akan menghadiri pertemuan tersebut.

Para perunding Israel seharusnya tidak mengharapkan apa pun untuk dicapai di Roma, dengan mengatakan bahwa tekanan Presiden Amerika Serikat Joe Biden terhadap Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu belum efektif dalam memfasilitasi proposal baru Netanyahu.

“Netanyahu mencari kesepakatan yang mustahil dicapai,” kata seorang pejabat Israel kepada Axios.

Netanyahu sedang dalam perjalanan ke Amerika Serikat dan dikatakan telah mendiskusikan proposal barunya dengan Biden pada hari Kamis.

Pada hari Kamis, Presiden Israel Isaac Herzog bertemu dengan Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni di Roma.

Mesir dan Qatar telah memimpin upaya mediasi untuk melawan pertempuran putaran kedua yang akan melibatkan pelepasan sandera oleh Hamas sebagai imbalan atas penarikan pasukan Israel.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours