Dwigol Merih Demiral antar Turki melaju ke perempat finalPiala Eropa

Estimated read time 3 min read

Jakarta (ANTARA) – Dua gol Merih Demiral membawa Turki melaju ke perempat final Piala Eropa 2024 usai menang 2-1 atas Austria pada babak 16 besar Piala Eropa 2024 di Red Bull Arena, Leipzig, Selasa atau dini hari. Rabu WIB.

Turki diwakili oleh salah satu pesaingnya, Belanda, di babak perempat final yang akan diselenggarakan di Berlin pada 6 Juli.

Pertandingan hanya bertahan satu menit ketika Türkiye membuka skor. Arda Guler mengambil tendangan sudut yang berhasil dihalau oleh Christoph Baumgartner sebelum melewati garis gawang, namun bolanya yang dibelokkan membentur rekan setimnya Stefan Posch.

Kiper Patrick Pentz kemudian memblok bola sebelum jatuh ke tangan Demiral yang dengan cepat menggulirkannya ke gawang Austria.

Austria berusaha menyamakan kedudukan secepat mungkin. Tendangan Baumgartner melambung, sebelum Demiral mencegah satu pemain pun masuk ke gawang Turki ketika bola melintas berbahaya di atas gawang Turki.

Guler nyaris menggandakan keunggulan Türkiye, lewat tendangannya dari lini tengah yang masih melebar dari gawang Austria.

Pelatih Austria Ralf Rangnick melakukan dua pergantian pemain di babak pertama, termasuk memasukkan Michael Gregoritsch, yang mencetak hat-trick saat kedua tim bertemu tiga bulan lalu.

Gawang Austria terancam ketika Marko Arnautovic berada dalam situasi satu lawan satu dengan kiper Mert Gunok yang mampu dibobol kiper. Setelah itu Konrad Lainers gagal menyelesaikan dengan baik saat ia melaju dari lini tengah.

Namun justru Turki yang berhasil menggandakan keunggulannya, ketika sepak pojok Guler pada menit ke-59 berhasil ditanduk Demiral. Gol tersebut sekaligus menjadikan Demiral sebagai pemain Eropa pertama yang mencetak dua gol di babak sistem gugur turnamen besar sejak Lilian Thuram melakukan hal serupa di Piala Dunia 1998.

Austria baru mampu memperkecil ketertinggalan saat tendangan bebas Stefan Posch menyambut tembakan Gregoritsch ke gawang Turki pada menit ke-66.

Setelah itu, hujan deras mengguyur lapangan Leipzig, namun kedua tim tetap memainkan permainan bertempo tinggi. Pada suatu saat, Sabitzer terkena lemparan benda dari kerumunan saat ia mencoba mengambil tendangan sudut.

Turki sempat berpeluang mencetak gol ketiga Turki, namun Baris Alper Yilmaz gagal menaklukkan kiper Pentz jelang pertandingan berakhir.

Di sisi lain lapangan, kiper Turki Gunok melakukan penyelamatan krusial timnya saat memblok sundulan Baumgartner yang mengarah ke sudut jauh gawangnya. Turki pun berhasil mempertahankan keunggulannya dengan memastikan lolos ke babak perempat final turnamen besar untuk pertama kalinya sejak Piala Eropa 2008.

Daftar pemain:

Austria: Patrick Pentz, Stefan Posch, Kevin Danso, Philipp Lienhart, Phillipp Mwene, Nicolas Seiwald, Konrad Laimer; Romano Schmid, Christoph Baumgartner, Marcel Sabitzer, Marko Arnautovic

Pelatih: Ralf Rangnick

Turki: Mert Gunok, Mert Muldur, Merih Demiral, Abdulkerim Bardakci, Ferdi Kadioglu, Ismail Yuksek, Kaan Ayhan, Kenan Yildiz, Orkun Kokcu, Baris Alper Yılmaz, Arda Guler

Pelatih: Vincenzo Montella

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours