Norris rebut pole GP Hungaria, Piastri perkuat posisi McLaren

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Pembalap McLaren Lando Norris merebut pole position Grand Prix Hongaria di Hungaroring, Sabtu, mengalahkan rekan setimnya Oscar Piastre dengan selisih 0,022 detik.

Tak hanya berhasil mencatatkan pole ketiga dalam karirnya, Norris memberikan harapan bagi tim untuk memperebutkan gelar juara di salah satu tahapan terpenting musim ini di Budapest.

Dengan bergabungnya Piastre di barisan depan, ini menandai kemenangan 1-2 pertama McLaren di Grand Prix kelas premier selama lebih dari satu dekade.

Juga juara dunia tiga kali Max Verstappen (Red Bull) finis ketiga dan mengawali balapan Minggu (21/7) di baris kedua bersama Carlos Sainz (Ferrari).

Verstappen dan Sainz hanya tertinggal 0,046 detik dan 0,469 detik dari pemimpin balapan.

Rekan setim Verstappen yang berada di bawah tekanan, Sergio Perez, terjatuh pada sesi pertama dan mendapat bendera merah, meningkatkan tekanan pada posisinya sebagai co-driver Red Bull.

Mulai dari baris ketiga, ada calon pebalap Ferrari musim depan, Lewis Hamilton (Mercedes) dan Charles Leclerc (Ferrari), yang punya selisih 0,627 detik dan 0,678 detik atas Norris.

Baru dua tahun lebih berkiprah di kejuaraan grand prix, Hamilton mampu mengungguli pembalap kuat seperti duo Aston Martin Fernando Alonso dan Lance Stroll, yang menyelesaikan sesi kualifikasi di posisi ketujuh dan kedelapan.

Bahkan Daniel Ricciardo (RB), mantan juara lintasan, terlambat menunjukkan kecepatan usai kuarter pertama. Ia mencatatkan waktu lap terbaik di sesi kualifikasi sebelum akhirnya finis di posisi kesembilan, menyalip rekan setimnya Yuki Tsunoda.

Tsunoda, yang mobilnya menabrak tembok, memaksakan bendera merah kedua dengan dua menit tersisa, nyaris menutup barisan depan untuk Norris dan Piastre McLaren.

Sementara itu, Verstappen unggul 84 poin dari Norris di klasemen jelang Hungaroring, Minggu (21/7).

Balapan utama besok dimulai pukul 20.00 WIB.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours