Pemerintah siapkan infrastruktur digital pendukung pengembangan AI

Estimated read time 1 min read

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan infrastruktur digital yang andal untuk mendukung pengembangan teknologi kecerdasan buatan (AI).

“Hal pertama yang perlu kita persiapkan adalah keandalan infrastruktur yang kita miliki, ini adalah kunci untuk mengadopsi perkembangan AI,” kata Nezar Patria, Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Kementerian, dalam siaran persnya di Jakarta, Maret lalu.

Nezar mengatakan infrastruktur digital seperti koneksi internet berkecepatan tinggi sangat diperlukan dalam pengembangan AI yang bergantung pada ketersediaan data dalam jumlah besar.

Selain mempersiapkan infrastruktur digital yang andal, kata Nezar, pemerintah juga membuat regulasi yang diperlukan untuk mendukung pertumbuhan yang sehat dari inovasi AI di Indonesia.

Surat Edaran Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 9 Tahun 2023 tentang Etika Kecerdasan Buatan telah diterbitkan untuk mendukung pengaturan penggunaan AI di Indonesia.

Kementerian Komunikasi dan Informatika juga sedang menyiapkan peraturan untuk mengatur penggunaan AI.

“Hari ini sedang dibicarakan, apakah kita akan menerbitkan Peraturan Menteri, Peraturan Menteri, atau nanti kita akan beralih ke Perpres, atau mungkin kita akan mengusulkan undang-undang untuk pengembangan kecerdasan buatan,” kata Nezar. .

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours