7 Destinasi Wisata di Sumatera Barat yang Mirip Luar Negeri, Nomor 5 Dijuluki Grand Canyon-nya Indonesia

Estimated read time 4 min read

JAKARTA – Sumatera Barat menjadi tempat wisata yang paling banyak dikunjungi. Beberapa di antaranya dinilai sangat mirip dengan destinasi wisata populer.

Tempat ini sungguh menarik untuk dikunjungi. Jadi, Anda tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk bisa menikmati gambar-gambar indah di luar negeri. Hanya dengan datang ke Sumbar barulah kamu bisa merasakan semangat jalan-jalan ke luar negeri.

Ada enam tempat wisata di Sumbar yang memiliki panorama mirip luar negeri, demikian saluran YouTube YouTube Kreatif.

1.Mentawai

IStock

Wisata pertama yang mirip luar negeri adalah Mentawai. Pulau di Sumatera Barat ini menjadi surganya wisatawan lokal maupun mancanegara. Di sini para tamu akan disuguhi fitur alam terbaik dari lingkungan yang hangat dan ramah.

Wisatawan yang berkunjung ke Mentawai sebagian besar berasal dari luar negeri. Wisatawan sering mengatakan bahwa cuaca di Mentawai terasa seperti Kepulauan Hawaii di Amerika Serikat. Ulasan ini tidak dibenarkan karena Mentawai memiliki pasir putih di pantainya. Ombaknya yang juga sangat besar menjadikan pulau ini surganya para peselancar.

Danau di atas

Stok foto

Yang terdekat dengan wisata mancanegara selanjutnya adalah telaga di atas. Sifat danau yang terletak di Nagara Alahan Panjang, Kecamatan Lembach Gumanti, Kecamatan Solok ini mirip dengan Danau Lucerne di Swiss.

Danau Lucerne sendiri terkenal dengan pemandangannya yang indah karena dikelilingi oleh pegunungan di Swiss tengah dengan kedalaman lebih dari 214 meter. Nah, danau ini dikatakan seperti danau yang tinggi karena sama-sama menawarkan panorama keindahan danau dan dikelilingi oleh pegunungan.

3. Tingkat jutaan

Instagram @alam_ranahminang

Million Tiers rupanya juga menarik minat wisatawan mancanegara. Sejuta Yenjang merupakan objek wisata yang terletak di Gunung Singgalang. Strukturnya berupa tangga yang sangat panjang untuk dinaiki pengunjung yang terletak di kawasan wisata.

Meski tak sebesar, jutaan di kawasan Agam konon mirip Tembok Besar China. Sejuta Yenjang merupakan jalan yang menghubungkan hutan pinus di atas Singgalang.

Seyuta Jeyang memiliki panjang 3,7 kilometer dengan dinding jembatan yang mengingatkan kita pada Tembok Besar Tiongkok atau Great Wall of China. Meski berfungsi sebagai jalan penghubung Puncak Singgalang, Sejuta Yenjang memiliki daya tarik wisata tersendiri. Oleh karena itu, banyak orang datang ke sini untuk mengunjungi jembatan tersebut sambil menikmati pemandangan yang menakjubkan.

4. Lembah Harau

Lembah Haraw mirip dengan Lembah Yosemite di Sierra Nevada, California, AS. Lembah Yosemite sendiri merupakan tujuan wisata populer dan dikunjungi jutaan orang dari seluruh dunia. Selain itu, Lembah Yosemite juga populer di kalangan fotografer lanskap.

Nah, Lembah Harau di Sumatera Barat ini mirip dengan Yosemite. Lokasinya berada di Kabupaten Limapuluh Kota. Saking miripnya Lembah Harau disebut Yosemite di Indonesia. Jadi jika ingin melihat Lembah Yosemite tidak perlu terbang ke Amerika Serikat. Dan di lima puluh kota, pemandangannya serupa.

5. Ngarai Sianok

Stok foto

Ingin melihat lembah dengan pegunungan tinggi seperti Grand Canyon di Amerika? Tak perlu jauh-jauh, karena di Sumatera Barat ada tempat seperti Grand Canyon yang bernama Ngarai Sianok di Bukittinggi. Mirip sekali, ngarai ini disebut Grand Canyon Indonesia, disebut Grand Canyon Indonesia.

Ngarai Sianok merupakan sebuah lembah yang dikelilingi bebatuan besar dan terdapat sungai di tengahnya. Ngarai ini tercipta akibat peristiwa tektonik ratusan tahun lalu. Ngarai Sianok saat ini menjadi salah satu tempat wisata di Bukittinggi yang sangat populer.

6. Padang Mangateh

Stok foto

Padang Mangateh merupakan salah satu tempat di Kabupaten Limapuluh Kota yang banyak terdapat rumput. Sebuah pusat kedokteran hewan dibangun di situs ini. Selain rumput, banyak juga sapi yang diperbolehkan makan rumput secara gratis. Iklimnya diyakini sangat mirip dengan Selandia Baru. Tak heran jika Padang Mangateh sering disebut sebagai Selandia Barunya Sumatera Barat.

7. Bayangan Jembatan

Kemenparekraf.go.id

Jembatan ini dibuat dengan menghubungkan akar dua pohon yang panjangnya 25 meter dan tinggi 10 meter di atas sungai. Lebar saluran akar 1,5 meter. Jembatan Akar Bayang yang terletak di Kecamatan Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan, telah ada sejak tahun 1916.

Secara fisik jembatan akar ini mirip dengan jembatan Cherrapunjee. Fungsinya juga sama, seperti penghubung dua tempat. Namun jembatan akar ini sering dikunjungi wisatawan untuk melihat keunikannya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours