Maksimalkan Potensi SDM di Batam, Kemenperin Akan Dirikan Balai Diklat Industri

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Kementerian Perindustrian melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) berencana membangun Balai Pelatihan Industri (BDI) di Batam. Sebagai kota yang dirancang sebagai kota industri, Batam memiliki sekitar 1.309 industri maju, dengan total pekerja sektor migas dan nonmigas sebanyak 169.000 orang, berdasarkan data Badan Pengusahaan (BP) Batam.

Kemenperin terus mendukung ketersediaan sumber daya manusia di Batam dan tempat lainnya melalui pelatihan vokasi industri.

“Pelaksanaan pelatihan vokasi dipersiapkan secara intensif untuk memenuhi dan mengantisipasi kebutuhan industri serta memastikan industri tersebut layak untuk dunia usaha dengan mempertimbangkan perkembangan industri ke depan,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Karthasamita.

Rencana pembentukan BDI BATAM mulai tahun 2023 telah diinisiasi oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) yang berkoordinasi antara Kementerian Perindustrian, BP BATAM dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

“Koordinasi Kementerian Perekonomian dan BP Batam mendukung rencana pendirian BDI Batam dan merekomendasikan percepatan persiapan pendirian BDI Batam, khususnya penyediaan lahan oleh BP Batam, rencana rehabilitasi lahan dan bangunan, serta pendidikan. berkas persiapannya untuk diserahkan ke Kementerian PANRB,” ujarnya. kata Kepala BPSDMI Masrokhan usai serah terima tanah dan bangunan dari BP Batam kepada Kementerian Perindustrian di Jakarta, Jumat (26/7/2024). )

Total luas lahan yang diserahkan kepada Kementerian Perindustrian seluas 8.765 m2 dengan rincian 11 (sebelas) Nomor Urut Pendaftaran (NUP). Pembentukan basis BDI direncanakan pada tahun 2025-2028.

“Kedepannya Balai Diklat Industri Batam akan fokus pada pelatihan dengan spesifikasi kompetensi industri di bidang logam, permesinan, aeronautika, teknologi informasi, elektronika, dan perkapalan,” jelas Masrokhan.

Pelatihan yang dilaksanakan merupakan pelatihan berbasis 3 in 1, yaitu dalam 1 pelatihan peserta dapat memperoleh 3 manfaat sekaligus yaitu pelatihan kompetensi, peserta dapat memperoleh keterampilan esensial industri, sertifikat kompetensi. Jalur karir, serta penempatan kerja di industri terkait.

“BPSDMI Kementerian Perindustrian membawahi tujuh Balai Pelatihan Industri (BDI) yang memberikan pelatihan di berbagai wilayah Indonesia. Pada tahun 2023, sebanyak 32.714 orang akan dilatih di berbagai sektor industri.

Ketujuh balai pelatihan industri tersebut adalah BDI Jakarta, BDI Medan, BDI Padang, BDI Yogyakarta, BDI Surabaya, BDI Denpasar dan BDI Makassar. Setiap BDI mempunyai spesifikasi kapasitas pelatihan masing-masing, pada tahun 2023 dan 2024 lalu BPSDMI melaksanakan pelatihan pengelasan galangan kapal untuk memenuhi sebagian kebutuhan tenaga kerja Kemenperin dan BDI Galangan Kapal Jakarta. di kamar mandi

“Dengan hadirnya BDI Batam, kami berharap pelatihan SDM lebih mudah diakses di Batam,” kata Masrokhan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours