Antisipasi Peretasan, Bawaslu Minta KPU Perbaiki Sirekap Jelang Pilkada 2024

Estimated read time 1 min read

JAKARTA – Badan Pengawas Pemilu (BAWSLU) mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menyempurnakan Sistem Informasi Rekapitulasi (CIRECAP). Hal ini untuk mengantisipasi permasalahan jelang Pilkada serentak tahun 2024.

Hal itu dibenarkan anggota Bawsal, Herwin Malonda, menyusul peristiwa peretasan yang menyasar server Pusat Data Nasional (PDN) beberapa waktu lalu.

“Hal ini harus dibarengi dengan perbaikan sistem agar sistem tersebut benar-benar membantu kita semua,” kata Herwin seperti dikutip, Senin (15/07/2024).

Menurut dia, Bavaslu juga akan memanfaatkan Sircap untuk menjalankan fungsi pengawasan. Oleh karena itu, penting untuk memperbaiki sistem untuk menjaga keamanan Sircap, pintanya.

“Contohnya kita bisa jadikan data acuan, termasuk membantu Bawas dalam tanggung jawabnya memastikan hasil pemilu sesuai ketentuan. Kalau Sirekap berubah, itu proses prosedural,” ujarnya.

Di sisi lain, Bawaslu juga mendukung Sirekap yang akan digunakan pada Pilkada 2024 kali ini harus setransparan mungkin agar tidak terjadi kecurangan.

“Agar nantinya informasi tersebut tidak menjadi misinformasi atau simpang siur,” tutupnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours