Deretan 5 Rektor PTKIN Terbaik di Indonesia, Kampusmu Nomor Berapa?

Estimated read time 4 min read

JAKARTA – Inilah lima rektor PTKIN pertama di Indonesia yang kampusnya masuk dalam daftar Webometrics 2024, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) kian diminati calon mahasiswa.

Baca Juga: Profil Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Akreditasi PTKIN oleh BAN-PT.

PTKIN menawarkan berbagai keuntungan yang menjadikannya pilihan utama bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi berdasarkan nilai-nilai Islam.

PTKIN mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam seluruh aspek pengajaran. Program yang ditawarkan tidak hanya bertujuan untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, namun juga memperkuat pemahaman dan pengamalan ajaran Islam. Tujuan dari program ini adalah menghasilkan lulusan yang tidak hanya kompeten secara akademis namun juga berakhlak mulia.

Baca Juga: Daftar 5 Besar Biaya Pendidikan PTKIN di Indonesia, Ada Kampus Impianmu?

Jalur masuk ke PTKIN berbeda-beda dan mahasiswa baru juga harus mewaspadainya. Salah satunya adalah Skrining Nasional Unggulan Akademik Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN).

Inilah Skema Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Islam Negeri (PTKIN) Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia dan menggunakan esai serta prestasi lain seperti portofolio untuk menilai calon tanpa adanya ujian tertulis.

Baca juga: 9 Akreditasi PTKIN yang Bagus untuk Direkomendasikan untuk Destinasi

Berdasarkan pemeringkatan Webometrics tahun 2024, daftar tersebut mencakup puluhan PTKIN yang tersebar di seluruh Indonesia. Dari daftar PTKIN versi Webometrics, berikut 5 besar PTKIN beserta rektor yang memimpin kampusnya.

5 Kantor PTKIN Terbaik di Indonesia1. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

UIN Syarif Hidayatullah saat ini dipimpin oleh Prof. Asep Saepuddin Jahar periode 2023-2027. UIN Jakarta menduduki peringkat ke-23 se-Indonesia dan ke-2053 secara global dalam pemeringkatan Webometrics tahun 2024.

Asep Saepuddin Jabbar lahir di Pandeglang pada tanggal 16 Desember 1969. Lulusan Pondok Modern Gontor ini sebelumnya menjabat Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta periode 2019-2023.

Ia akan menggantikan Jamhari Makruf yang kini menjabat Wakil Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII). Sebelumnya pada periode yang sama, beliau menjabat sebagai Presiden Lembaga Penjaminan Mutu (LPM).

2. UIN Sunan Gunung Jati Bandung

UIN Sunan Gunung Djati Bandung menduduki peringkat 30 nasional versi Webometrics dan peringkat 2507 global dan saat ini dipimpin oleh Rektor Prof. Dr.Rozihan Anwar.

Rosihan Anwar sebelumnya menjabat Wakil Rektor Lembaga Pemasyarakatan Bandung. Beliau lulus dari UIN dengan gelar sarjana pada tahun 1993, kemudian melanjutkan studi magister dan lulus pada tahun 1996. Beliau melanjutkan studi doktoral di IAIN Sunan Gunung Djati Bandung dan lulus pada tahun 2005.

3. UIN Sunan Ampel Surabaya

Saat ini menduduki peringkat 71 nasional dan 4518 dunia, UIN Sunan Ampel Surabaya dipimpin oleh Rektor Prof. Ah. Muzaki periode 2022-2026. Dikutip dari laman Cominfo Pemprov Jatim: Profesor Zaki, sapaan akrabnya, lahir di Sidoarjo pada 9 Februari 1974.

Ahmad Muzaki menyelesaikan pendidikan formalnya di Madrasah Ibtidaiya Nahdlatul Ulama kemudian melanjutkan studi di Madrasah Negeri Tsanawiya dan Madrasah Aliya Negeri, semuanya di Sidoarjo.

Beliau memperoleh gelar doktor dari Universitas Queensland, Australia dan merupakan guru besar termuda di UIN Sunan Ampel.

4. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menduduki peringkat 84 universitas terbaik di Indonesia dan peringkat 5244 universitas terbaik dunia versi Webometrics 2024.

Saat ini UIN Malang dipimpin oleh Rektor Prof. Dr M Zainuddin periode 2021-2025. Ia mengajar filsafat dan pemikiran Islam di Universitas Islam Negeri (UIN) Malang dan lahir di Bohonegoro pada 7 Mei 1962.

Beliau memperoleh gelar Ph.D. dari Fakultas Adaba, Jurusan Sejarah Kebudayaan Islam, IAIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, pada tahun 1986. Beliau memperoleh gelar Master of Arts dari universitas yang sama di bidang Pendidikan Islam pada tahun 1992.

Dikutip dari website UIN Malang : M. Zainuddin pernah bersekolah di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang dan memulai karirnya dengan menjadi pengajar di Jurusan Syariah Universitas Islam Malang (UNISMA) pada tahun 1988.

5. UIN Raden Intan Lampung

UIN Raden Intan Lampung menduduki peringkat 85 nasional dan 5333 dunia dalam pemeringkatan Webometrics 2024 yang saat ini dipimpin oleh Profesor Wan Jamaludin periode 2022-2026.

Dikutip dari NU Online: Wan Jamaluddin lahir di Bandar Lampung pada 21 Maret 1971. Beliau mengenyam pendidikan formal di SD Negeri Rawalaut, Bandar Lampung, SMP Darussalam Tegineneng, MAN 1 Bandar Lampung.

Sedangkan menyelesaikan studi S1 ​​di IAIN Raden Intan Lampung, MA di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan terakhir PhD di Departemen Sejarah Timur Dekat dan Tengah, Rusia pada tahun 2003. Beliau adalah seorang profesor atau guru besar sejarah peradaban Islam.

Inilah 5 Besar Rektor PTKIN di Indonesia yang masuk dalam Pemeringkatan Webometrics 2024. Kami harap informasi ini bermanfaat bagi Anda.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours