AIMI dorong keterlibatan keluarga dukung ibu menyusui

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Ikatan Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) menekankan kuatnya peran keluarga dalam mendukung ibu menyusui untuk menopang tumbuh kembang anak.

“Penting untuk mendapatkan dukungan dari keluarga, termasuk pasangan, ibu mertua, nenek atau orang lain dalam rumah tangga, agar ibu tidak merasa berjuang sendirian,” kata CEO AIMI Nia Umar dalam jumpa pers. . dikatakan. ‘Dunia’ di internet. ‘Pekan Air 2024’ dirayakan di Jakarta pada hari Rabu.

Nia mengatakan, sangat penting untuk melibatkan keluarga, terutama pasangan dan anggota keluarga lainnya, untuk mendapatkan bantuan yang baik bagi ibu dan anak, hal ini tidak semua ibu bisa lakukan dalam menyiapkan air susu ibu (ASI) untuk bayinya karena keadaan yang berbeda-beda.

Banyak permasalahan dan kesulitan yang sering dihadapi ibu menyusui, seperti payudara perih dan perih, suplai ASI tertunda, payudara rata, dan payudara bengkak.

Untuk membantu ibu menyusui dalam memberi makan anaknya, tenaga kesehatan di lingkungan sekitar serta keluarga harus memiliki kualifikasi.

Ia mengatakan, seluruh lapisan masyarakat, termasuk pemerintah, harus meningkatkan kesadaran untuk mendukung ibu dan anak dalam mencapai hak-haknya.

“Bagaimana semua pihak bisa bekerja sama agar ibu dan anak berhak menyusui dan menyusui?” dikatakan.

Nia juga mengatakan, promosi massal produk pengganti susu di Indonesia tidak diimbangi dengan promosi praktik baik Gizi Bayi dan Anak (IYCF).

Dan kebijakan yang ada saat ini di Indonesia tidak cukup untuk melindungi hak ibu dan anak untuk menyusui dan memberikan perlindungan terhadap praktik PMBA yang tepat.

Oleh karena itu, dukungan nyata terhadap keberhasilan pemberian ASI adalah dengan memastikan seluruh layanan kesehatan di Indonesia memberikan layanan khusus terkait manajemen menyusui di seluruh wilayah dan mencakup populasi rentan.

“Banyak kelompok yang berperan dalam keberhasilan seorang ibu dan anak dalam mengetahui, ingin dan mampu menyusui, sehingga semua kelompok perlu ikut serta memberikan dukungan,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours