Sosok Davin, Mahasiswa Unair yang Adu Cerdas di Clash of Champions

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Mahasiswa Departemen Statistika Unair Davin Firmansha menjadi salah satu peserta Clash of Champions (CoC). CoC merupakan salah satu game show yang sedang viral karena secara cerdas mempertandingkan mahasiswa berprestasi dalam dan luar negeri dari berbagai kampus ternama.

Salah satu pesertanya adalah Davin Firmansha, mahasiswa Program Studi (Prodi) Statistika Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Unair angkatan 2023.

Baca juga: Azizah Lolos SNBT di Usia 16 Tahun dan Kuliah Ilmu Politik di Unair

Davin aktif mengikuti berbagai perlombaan ilmu pengetahuan dan teknologi (saintek) sejak SMA. Hal ini membuatnya berhasil ketika ia diundang untuk mengikuti ajang COC untuk bersaing dengan siswa berprestasi lainnya.

“Saya senang mendapat kesempatan bersaing dengan beberapa mahasiswa berprestasi. “Ada sedikit rasa takut dan tertekan, karena peserta yang bertanding tidak semuanya mudah dan pasti mengalami kesulitan dalam hal tersebut,” kata Unair, Jumat (12/7/2024), seperti dikutip dari situsnya.

Baca juga: Viral! Pidato wisuda bocah penjual nasi goreng yang menembak rektor otomatis mendapat rekomendasi pekerjaan

Ikuti tahapan yang berbeda

Davin menjelaskan, ada beberapa tahapan yang harus dilalui calon peserta untuk menjadi peserta CoC. Di antaranya pencarian kandidat berdasarkan kriteria Ruangguru, verifikasi informasi pribadi, serta tes logika dan akurasi. “Setelah memverifikasi data pribadi, Ruangguru menawarkan tes berupa logika dan akurasi dengan tingkat kesulitan tertentu,” jelas Davin.

Saat Davin bergabung dengan CoC, awalnya ia terkejut melihat pesaingnya berasal dari universitas ternama dalam dan luar negeri. Apalagi prestasi mereka di tingkat nasional dan internasional juga cukup membanggakan. Namun hal tersebut tidak menyurutkan keberanian Davin untuk berkompetisi dan bersinar di ajang CoC sebagai mahasiswa Unair.

Baca juga: Kisah Asrul Lulusan KIP College Unair Bikin Bangga Mendiang Orangtuanya

“Saya merasa siap bersaing dengan mahasiswa kampus-kampus terbaik di Indonesia dan luar negeri. “Saya yakin, apapun bisa tercapai jika kita gigih dan mengerahkan segenap kemampuan,” jelas mahasiswa Statistika UNAIR itu

Tip dan motivasi

Davin menjelaskan, meraih dan mempertahankan nilai di perguruan tinggi bukanlah hal yang mudah. Siswa juga terkadang berpartisipasi dalam berbagai kegiatan organisasi untuk meningkatkan keterampilan sosialnya.

Baca juga: Mahasiswa Unair yang Diterima Magang di Kementerian Keuangan Bersaing Dengan 10.000 Kandidat!

Oleh karena itu, Anda harus menciptakan motivasi dalam diri Anda untuk tetap semangat sebagai mahasiswa. Selain itu, Unair juga memberikan kesempatan untuk mendukung mahasiswanya dalam mewujudkan dan memaksimalkan potensi yang dimilikinya.

“Saya berpesan kepada mahasiswa Unair untuk mensyukuri kesempatan yang kita miliki sebagai mahasiswa Unair, manfaatkan segala kesempatan yang ada dan jadilah yang terbaik,” pungkas Davin.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours